-->

Type something and hit enter

author photo
By On

 

Rangga Sunda Empire (kiri) dalam acara Podcast Deddy Corbuzier/Repro

NAFAZNEWS.COM - Petinggi Sunda Empire, Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang biasa disebut Lord Rangga kembali viral di media sosial.


Setelah bebas dari tahanan, Lord Rangga menjadi bintang tamu di Podcast Deddy Corbuzier di kanal Youtube-nya. Selain Lord Rangga, di acara Close The Door tersebut Deddy juga menghadirkan Tretan Muslim dan Coki Pardede.


Rangga menyebut Banten berkontribusi pada kemerdekaan Amerika, seperti dikutip Kantor Berita RMOLBanten, Kamis (20/5).


"Amerika mandatnya dari mana? Dari Sultan Abdul Mufakir. Paman Sultan, Ki Ageng Tirtayasa, kemudian meneruskan ke Sultan Abdul Mufakir memerdekakan Amerika. Makanya Banten punya seri (plat nomor) mobil A, Amerika," jelasnya.


Dia juga menjelaskan kependekan dari US adalah bukan United States melainkan Uncle Sam.


"United States? Bukan! Itu Uncle Sam, Sam-nya adalah Sultan Abdul Mufakir. Banten itu! Jadi negeri Paman Sam itu yang dimerdekakan oleh kita di sini Banten itu, dengan tanah itu Banten dijadikan dasar di sana," ujarnya.


Tak selesai sampai di situ, Rangga juga mengatakan bahwa dirinya adalah raja.


"Akulah raja kalian!" ujarnya.


"United States kan?" jawab Coki.


"Bukan. (US) itu Uncle Sam. Uncle Sam, SAM-nya Sultan Abdul Mufakhir, Banten itu. Jadi Amerika itu negeri yang dimerdekakan oleh Banten," jelas Rangga.


Komentar warganet pun membanjiri video tersebut.


Seperti Raidda Rahmat yang mengatakan, "Untung gue nonton di rumah, gak langsung. Gak bisa saya sambil dengerin ini dengan muka serius kaya mereka."


"Dari awal penjelasan sejarah versi lord Rangga saya enggak ngerti, tapi saya bangga Banten merdekakan Amerika," ujar warganet lainnya, Arnan.





sumber rmol.id


Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment