-->

Type something and hit enter

author photo
By On

 

Ular Welang/ Sumber Foto: kompas.com/shutterstock

NAFAZNEWS.COM - Nasib naas dialami seorang pria bernama Anton Subagyo (37), warga Gading III, Kalurahan Gading Kapanewon Playen, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 


Ia tewas setelah dipatuk ular berbisa jenis welang pada Ahad (16/5/2021) sekitar pukul 04.30 WIB lalu. 


Kejadian naas itu berawal saat korban tidur di ruang tamu rumahnya. 


Saat sedang terlelap tidur itu korban terkejut setelah seekor tikus melompat di atas tubuhnya. 


Lantaran kaget, tangan korban reflek untuk mengusir tikus tersebut. Tapi tak disangka, tangannya justru mengenai ular yang sedang memburu tikus tersebut dan langsung mematuknya. 


Korban yang merasa kesakitan akibat dipatuk ular itu sempat memburunya dan membunuhnya di lokasi kejadian. 


Usai kejadian itu korban sempat dibawa ke rumah sakit untuk mengeluarkan bisa ular tersebut. 


Meski sempat mendapatkan perawatan medis, tapi sayangnya nyawa korban tak berhasil tertolong. 


"Tapi setelah dilakukan penanganan secara medis nyawa korban tidak tertolong," kata Kapolsek Playen AKP Hajar Wahyudi saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Senin (17/5/2021). 


Menurut Hajar, jenazah korban langsung dikebumikan pada hari itu juga. Untuk menghindari kasus serupa terjadi, masyarakat diimbau untuk lebih waspada dan membersihkan lokasi yang dimungkinkan dapat menjadi sarang ular.



Ular dengan Bisa Mematikan


Ular welang memiliki bisa yang mematikan. Berbeda dengan bisa kobra, bisa weling justru tidak menimbulkan sakit berlebihan atau bengkak di sekitar luka, tetapi dapat berakibat fatal. Artinya, bisa ular weling memiliki tingkat kematian yang tinggi.


Cara kerja bisa ular welang, saat bisa masuk ke tubuh mangsa, bisa itu akan membuat gejala-gejala keracunan, seperti kelopak mata yang memberat, kesulitan menelan, dan belakangan, kesulitan untuk bernafas, serta pada akhirnya kegagalan kerja jantung.


Rata-rata selang waktu antara masuknya bisa melalui luka hingga tibanya kematian, untuk kasus gigitan Elapidae (jenis ular welang), berkisar antara 5 hingga 20 jam.


Sumber kompas.com/merdeka.com

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment