-->

Type something and hit enter

Editor On
Ilustrasi




NAFAZNEWS.COM - Pada malam pertama bagi pengantin baru, ada adab yang perlu diperhatikan dengan begitu apa yang dilakukan bernilai ibadah. Ustaz dr. Raenul Bahraen menyampaikan beberapa hal yang patut dilakukan.


1.Suami mengucapkan salam kepada istri, sebagaimana contoh dari Nabi shallalahu alaihi wa sallam


2. Mencandai istri dengan memberikan minuman atau manisan, atau dengan candaan dan obrolan ringan yang mubah supaya suasana tidak agak “tegang”


3. Meletakkan tangan di kening/kepala istri dan berdoa: 


اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ


 Allahummaa innii as-aluka min khairihaa wa khairi maa jabaltahaa alaihi


Wa ‘audzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa syarri maa jabaltahaa alaihi


“Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiat yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.” (HR. Bukhari)


4. Sholat dua rakaat bersama istri (riwayat dari para salaf). Lebih menenangkan hati keduanya dan mengurangi “ketegangan” (Bacaan boleh dikeraskan, suami sebagai imam, jadi perbaiki tahsin sebelumnya) 


5. Disunahkan bersiwak atau sikat gigi sebelumnya


6. Membaca doa akan berhubungan intim (jima). Pendapat terkuat hanya dibaca oleh suami, dan istri harus sering mengingatkan suami agar membacanya.

بِسْمِ اللهِ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا.


“Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami.” (HR. Bukhari-Muslim)


Melansir laman MuslimAfiyah pada Selasa (29/6/2021) disebutkan,  Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Maka, apabila Allah menetapkan lahirnya seorang anak dari hubungan antara keduanya, niscaya syaitan tidak akan membahayakannya selama-lamanya.”


7. Jika ingin mengulangi (biasanya pengantin baru), maka disunahkan wudhu atau mandi jika ingin mengulangi, pendapat terkuat adalah suami saja yang melakukan (jangan lupa sebelum tidur, jika belum mandi wajib, sebaiknya wudhu dalam pendapat lain boleh tayammum).



Sumber: Oezone.com

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment