-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar

NAFAZNEWS.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berharap pemerintah daerah (Pemda) di Provinsi Riau untuk sepakat dengan kebijakan nasional terkait pelaksanaan Salat Iduladha dan pelaksanaan qurban Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Disampaikannya saat menghadiri rapat koordinasi sosialisasi Surat Edaran (SE) Kementerian Agama (Kemenag) RI Nomor 15 Tahun 2021, di Aula Utama Kanwil Kemenag Riau, Senin (28/6/2021).

Ia juga mengungkapkan kebijakan SE Kemenag RI Nomor 15 Tahun 2021 ini harus menjadi perhatian bersama terutama bagi umat Islam yang akan menjalankan ibadah salat Iduladha dan pelaksanaan qurban.

"Diharapkan apa yang menjadi kebijakan nasional agar kita sepakat dan ini harus kita perhatikan," katanya.

Apalagi hal ini berkaitan dengan ibadah, tentunya kebijakan ini juga sebagai upaya menyelamatkan umat agar terhindar penularan Covid-19 dan tidak terjadi penambahan pasien akibat Covid-19.

"Harus kita perhatikan juga terutama berkaitan dengan ibadah tadi sudah disampaikan berkaitan dengan ibadah sudah ada petunjuk-petunjuknya (dalam SE Kemenag Nomor 15 2021)," tambahnya.

Ia mengungkapkan meskipun adanya peniadaan salat Iduladha berjamaah pada zona merah dan zona oranye, dan pembatasan kapasitas salat berjamaah bagi zona kuning dan zona hijau hal ini tentunya tidak mengurangi makna dari ibadah itu sendiri.

"Kita beri kesempatan pada tempat-tempat (pada masjid atau lapangan di zona kuning atau hijau) yang memang dianggap oleh masing-masing kabupaten/kota betul-betul yang aman dari penularan (untuk melaksanakan salat Iduladha)," ucap Gubri.

Untuk itu, Syamsuar juga berharap mentaati peraturan yang tertuang dalam SE tersebut dan juga tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya bersama terhindar dari penularan Covid-19.

"Harapan kami tentunya juga tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker sebagainya agar nantinya terhindar penularan Covid-19," tutupnya. (mcr)

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment