-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On



NAFAZNEWS.COM - Pilpres 2024 memang masih lama, namun menyoal siapa yang bakal menjadi orang nomor satu di Indonesia pada tahun tersebut, mulai memanas dan diperbincangkan secara masif.

Survei-survei pun dilakukan, dan salah satu hasil survei nasional dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru, menunjukkan para pendukung setia Presiden Joko Widodo (Jokowi) cenderung mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada 2024 mendatang.

Survei yang dilakukan pada 28 Februari-8 Maret 2021 ini melibatkan 1.064 responden yang dipilih secara random atau acak dan diwawancara secara tatap muka. Margin of error penelitian adalah kurang lebih 3,07 persen.

Hasil survei dalam kategori top of mind, seperti dilansir dari Kontan.co.id, Senin 14 Juni 2021, nama yang paling banyak didukung sebagai capres adalah Jokowi 15,2 persen. Kendati demikian, mengingat Jokowi tidak akan maju kembali, penelitian ini juga mempelajari siapa saja tokoh yang potensial dan akan dipilih para pendukung Jokowi.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas mengungkapkan, elektabilitas sangat bergantung pada awareness masing-masing calon. Sehingga potensi elektablitas calon harus dianalisis secara lebih seksama.

Sejauh ini, setidaknya ada tujuh tokoh yang memiliki awareness di atas 50 persen, di antaranya Prabowo, Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, AHY, dan Puan Maharani.

Akan tetapi, tingkat awareness ketujuh tokoh tersebut tidak sama. Prabowo sudah jauh lebih dikenal warga, yaitu sebesar 96 persen, di atas kepopuleran tokoh-tokoh lainnya.

"Jika awareness ketujuh tokoh tersebut sama, dalam analisis ditemukan pemilih Jokowi di top of mind paling banyak pindah ke Ganjar Pranowo (18,4%), diikuti Anies Baswedan (15,2%), Ridwan Kamil (13,1%). Sementara, Prabowo hanya mendapat 9,2 persen dari pemilih Jokowi. Ini menunjukkan, capres yang paling banyak didukung pencinta Jokowi adalah Ganjar," papar Abbas dalam rilis yang diterima wartawan pada Minggu 13 Juni 2021.

Di samping itu, survei SMRC ini juga menunjukkan pemilih yang puas terhadap kinerja Presiden Jokowi lebih banyak mendukung Ganjar. Sementara itu, pemilih yang tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi lebih banyak mendukung Anies Baswedan.


sumber terkini.id

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment