-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On


NAFAZNEWS.COM -   Tim Nasional (Timnas) Italia sudah menyegel gelar juara Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Inggris di final yang berlangsung pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Dengan kemenangan itu, maka Italia memastikan diri menjadi juara dengan tak terkalahkan sama sekali sejak fase grup.

Malahan sebelum Piala Eropa bergulir pada 11 Juni 2021, Italia tercatat sudah sangat lama tak pernah merasakan yang namanya kekalahan. Terakhir kali Italia mencicipi pahitnya kekalahan adalah ketika takluk 0-1 dari Portugal pada September 2018 silam.

Dengan hasil kemenangan atas Inggris di final Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Wembley tersebut, maka total sejauh ini Italia sudah mencatatkan 34 laga tanpa kekalahan. Tentu hal itu sangatlah luar biasa, terutama untuk Italia yang belum pernah mencapai torehan tersebut sebelumnya.

Pada laga final Piala Eropa 2020 sendiri, Italia sebenarnya tidak menang di waktu normal alias saat laga sudah berjalan 90 menit. Sebab pertandingan antara Italia vs Inggris itu berakhir sama kuat 1-1 di waktu normal.

Mau tak mau laga berlanjut ke babak tambahan dan akhirnya masuk ke babak adu penalti. Melalui babak adu penalti itulah Italia sukses menghajar Inggris dengan skor 3-2.

Italia tercatat gagal mengeksekusi dua tendangan yang dipercayakan kepada Andrea Belotti dan Jorginho. Sementara Inggris justru membuang tiga kesempatan yang diberikan kepada Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka.

Jadi, secara pertandingan di waktu normal sebenarnya Italia tak bisa mengalahkan Inggris. Kendati begitu, fakta bahwa Italia belum terkalahkan di 34 laga adalah sebuah pencapaian yang tetap luar biasa.

Italia sanggup tampil konsisten dengan permainan menyerangnya, yang mana Roberto Mancini menerapkan formasi 4-3-3 hampir di sepanjang ajang Piala Eropa 2020. Dari tiga laga fase grup, 16 besar, perempatfinal, sanggup dimenangi skuad Gli Azzurri.

Baru saat berjumpa Spanyol di semifinal, Italia gagal menang di waktu normal dan harus bermain di babak adu penalti. Pada saat melawan Spanyol, Italia sanggup menang penalti dengan skor 4-2 setelah di waktu normal sama kuat 1-1.

Lalu kejadian serupa terjadi di final Piala Eropa 2020, Italia lagi-lagi harus melalui adu penalti untuk memastikan kemenangan. Tapi tentunya kali ini sensasinya berbeda karena berkat kemenangan Italia atas Inggris di partai final, maka Gli Azzurri memastikan gelar juara Piala Eropa 2020.

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment