-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On

 

Habib Rizieq


NAFAZNEWS.COM -  Budayawan Betawi, Ridwan Saidi mendadak menjadi perbincangan publik usai menyebut Habib Rizieq Shihab dalam kebudayaan Jawa adalah Satrio Piningit atau orang yang ditunggu-tunggu.


Hal terkait Habib Rizieq adalah Satrio Piningit itu disampaikan Ridwan Saidi saat berbincang di kanal Youtube Refly Harun, seperti dilihat pada Jumat 2 Juli 2021.


“Kalau saya merujuk kepada kebudayaan jawa, Habib Rizieq itu adalah Satrio Piningit, orang yang ditunggu-tunggu,” ujar Ridwan Saidi.


Mengutip Hops.id, Ridwan Saidi pada Agustus 2019 lalu juga sempat menghebohkan publik lantaran menyebut kerajaan-kerajaan di Indonesia seperti Sriwijaya fiktif.


Menurutnya, Kerajaan Sriwijaya fiktif dan hanya berisi sekelompok bajak laut yang beroperasi di perairan nusantara.


“Sriwijaya, itu kerajaan fiktif, kita nggak sebut ya. Entar kita cerita. Yang saya sebut Saparua misalnya,” ungkap Ridwan Saidi seperti dikutip dari laman terkini.id.


Adapun pernyataan itu disampaikan Ridwan Saidi dalam video yang diunggah kanal Youtube Macan Idealis.


“Sriwijaya ini kan kerajaan fiktif. Itu kan bajak laut yang berpangkalan di Koromandel,” ujarnya.


Selain Sriwijaya, Ridwan Saidi juga menyebut bahwa Kerajaan Tarumanegara fiktif lantaran kerajaan itu ada karena kesalahan arkeolog kala itu. Bahkan disebut pula bahwa arekeolog kondang Poerbatjaraka hanya menebak-nebak saja.


“Tarumanegara, yes fiktif, fiktif berat. Itu adalah kesalahan arkeolog terutama Poerbatjaraka yang dianggap mbahnya arkeolog. Dia mengira prasasti-prasasti yang ada di Jawa bagian barat, Jakarta saya masukkan Jawa bagian barat, dan Jawa Tengah itu berbahasa Sanskerta dan beraksara Palawa. Dia salah. Itu adalah berbahasa Hindi-Khmer. Jadi tebak-tebakan Poerbatjaraka ngawur sama sekali ketika dia mentarjamah Prasasti Sukapura, Tanjung Priok,” ujarnya.





Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment