-->

Type something and hit enter

Editor On



NAFAZNEWS.COM - Situs resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar diretas. Laman utama situs www.karanganyarkab.go.id hanya memunculkan tulisan 'Pak jokowi kemana? Hacked By Approve1337'.


Pantauan Sabtu (10/7), pukul 20.37 WIB, laman situs tersebut masih belum dapat diakses. Saat diakses, tampilan situs tersebut hanya memperlihatkan laman putih dengan tulisan 'Pak jokowi kemana? Hacked By Approve1337' di sudut kiri atas.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karanganyar Sujarno membenarkan kejadian peretasan ini. Menurutnya, situs resmi Pemkab Karanganyar tersebut tidak bisa diakses sejak petang tadi.


"Setelah maghrib tadi (tidak bisa diakses). Ini baru proses pemulihan," ujar Sujarno, saat dihubungi wartawan, Sabtu (10/7/2021) malam.


Jarno menyebut, laman situs yang mengalami peretasan adalah laman induk. Sementara beberapa laman sub domain masih bisa diakses seperti biasa.


"Yang tidak bisa diakses induknya. Kalau sub domain seperti PPID, COVID-19, BKPSDM dan sebagainya masih bisa diakses," terang Jarno.


Jarno mengatakan, pihaknya belum mengetahui pelaku peretasan ini. Pihaknya juga tidak mengetahui apa maksud pesan yang ditinggalkan si peretas.


"Maksud pesannya apa kita juga tidak tahu. Kalau pelakunya masih kita telusuri," jelasnya.


Untuk diketahui, situs www.karanganyarkab.go.id berisikan informasi umum seputar kegiatan Pemkab Karanganyar. Jarno pun berjanji secepatnya memperbaiki agar situs tersebut kembali bisa diakses.


"Ini baru kita perbaiki, targetnya secepatnya bisa kembali diakses," pungkasnya.



Sumber: Detik.com

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment