Ini Langkah Kemenkeu untuk Berantas Penggelap Pajak

NAFAZNEWS.COM -  Banyak perusahaan yang melakukan penghindaran dan penggelapan pajak, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus berupaya dalam meningkatkan kepatuhan melalui reformasi pajak.

Indonesia, dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, memiliki perekonomian yang terbuka sehingga terdapat celah bagi perusahaan menghindari pajak.

"Penghindaran dan penggelapan pajak ini menjadi bagian penting bagi kami untuk memeranginya. Karena Indonesia memiliki perekonomian terbuka," katanya.

Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) di seluruh wilayah nusantara. Karena begitu luasnya sehingga banyak perusahaan yang akhirnya bisa beroperasi lintas perbatasan negara.

Disampaikan, hal tersebut membuka peluang untuk penghindaran pajak dan penggelapan pajak.

Karena itu, kata Sri Mulyani, pemerintah tengah melakukan upaya dalam mengejar pihak yang tak bertanggungjawab. Namun, pemerintah tidak bisa sendiri melakukannya, dan butuh kerjasama dengan negara lain.

Sehingga, mobilisasi sumber daya domestik sangat penting dibangun di banyak negara anggota ADB (Asian Development Bank) termasuk Indonesia.

"Kami mereformasi pajak untuk meningkatkan tax ratio yang rendah, tetapi kami tidak dapat melakukannya sendiri," jelasnya.

Ditambahkan, Indonesia dan negara-negara di kawasan perlu bekerjasama, termasuk untuk bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang pajak.


sumber: pojoksatu.id

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post