Sangarnya Pesawat dan Mobil Eks Kombatan GAM yang Jadi Gubernur Aceh

NAFAZNEWS.COM -Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf sejak tahun lalu harus merasakan dinginnya penjara usai terlibat kasus korupsi. Ia divonis tujuh tahun oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Presiden Jokowi dikabarkan sudah mencopot status Irwandi sebagai gubernur, namun saat ini masih menunggu proses di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh untuk ditindaklanjuti.

Saat menjabat sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022, Irwandi terbukti menerima suap proyek yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018.

Pria yang pernah aktif sebagai kombatan Gerakan Aceh Merdeka atau GAM itu juga terbukti menerima gratifikasi sebesar Rp8,71 miliar dan Rp32,45 miliar.

Berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif di laman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis 15 Oktober 2020, Irwandi pernah melaporkan hartanya pada 2016, yakni saat ia mencalonkan diri menjadi gubernur.

Kala itu, ia diketahui memiliki kekayaan sebanyak Rp14 miliar, dan Rp1,8 miliar dalam bentuk kendaraan pribadi. Dalam daftar tersebut, Irwandi menyatakan bahwa ia memiliki sederet mobil gagah sport utility vehicle, mulai dari Jeep Wrangler hingga Land Rover Freelander.

Namun, yang paling membuat kaget yakni adanya satu unit pesawat terbang Shark Aero buatan 2014, yang saat ini nilainya diprediksi Rp500 juta.



sumber: viva.co.id

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post