Pelajar Asal Tualang ikuti Program Parlemen Remaja DPR RI

NAFAZNEWS.COM - Abdul Naser Parinduri pemuda yang masih duduk di Kelas 12 SMA Negeri 2 Tualang, Kabupaten Siak dipercayakan mewakili Riau mengikuti program parlemen remaja DPR RI tahun 2020.

Program parlemen remaja digelar oleh Sekretariat Jenderal DPR Republik Indonesia (RI) tersebut bertujuan memberikan pendidikan politik sedini mungkin kepada generasi muda. Program pelatihan dan demokrasi untuk siswa-siswi SMA/MA/SMK se-Indonesia Tahun 2020 ini, bertemakan "Gotong Royong Mengatasi Pandemi COVID-19".

Alhamdulillah, dari 134 orang yang lolos mengikuti Parlemen Remaja DPR RI Tahun 2020, salah satunya saya dari kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Sebelumnya ada 6257 siswa yang ikut seluruh Indonesia" kata Abdul Naser, Senin (2/11/2020) di ruang Ketua DPRD Siak, usai acara.

Pemuda  kelahiran 18 Juni tahun 2003 ini menyampaikan bahwa tujuanya ikut kegiatan tersebut untuk membuka pemahaman tentang dunia politik serta mengetahui gambaran nyata tentang tugas dan fungsi parlemen yang merupakan wakil rakyat.

"Saya sudah mempersiapkan semua kebutuhan untuk mengikuti program tersebut dan saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan Ketua DPRD Siak yang telah memfasilitasi kegiatan yang berlangsung secara virtual ini", imbuhnya.

Sebelumnya Naser telah melalui proses seleksi yang sangat ketat, di mulai dari pembuatan esai, video dan profil diri.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Siak Budhi Yuwono menyampaikan rasa bangganya atas keikut sertaan pelajar dari negeri istana ini.

Ia jelaskan, Parlemen Remaja merupakan kegiatan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat.

"Mereka akan merasakan simulasi menjadi Anggota DPR RI selama 5 hari, mulai dari tanggal 2 sampai tanggal 6 November 2020", jelasnya.

Menurut dia, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para peserta, karena diberikan  pemahaman tentang proses pembuatan kebijakan publik di Parlemen, dan  pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia melalui pelaksanaan simulasi Parlemen.

Para pejuang Parlemen Remaja tersebut terdiri dari 1.749 sekolah dan 382 Kabupaten/Kota di Indonesia. Untuk Provinsi Riau diikuti dari Kabupaten Siak, Kampar, Rokan Hilir, dan Indragiri Hulu.

Di hari pertama, acara itu di buka oleh Ketua DPR RI dan pemateri oleh Sekjen DPR RI, Deputi Persidangan. Acara dimulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 17.00 WIB.

 

rls/Adiriansyah

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post