Tiga Skema Bantuan Tunai Tahun 2021, Begini Target Realisasinya

 

Menteri Sosial, Tri Rismaharini

Bantuan tunai yang dipersiapkan pemerintah untuk tahun 2021 terdapat 3 skema.


Menteri Sosial, Tri Rismaharini menjelaskan, dari 3 skema yang disiapkan pemerintah memiliki target masing-masing.


Dia menyebutkan, penyerahan bantuan tunai meliputi program keluarga harapan, kartu sembako dan bansos tunai.


Berdasarkan alokasi anggaran yang ada di Kementerian Sosial, target dan alokasi masing-masing program seluruhnya yakni PKH untuk penerima, ditargetkan sebanyak 10 juta keluarga dengan anggaran Rp 28,7 triliun.


Kemudian, Kartu sembako target pertama 18,8 juta keluarga dengan anggaran Rp 45,12 triliun.


Bansos tunai target penerima 10 juta keluarga dengan anggaran Rp 12 triliun mencakup 34 provinsi di seluruh Indonesia.


Selanjutnya, penyaluran PKH kepada 10 juta akan disalurkan setiap 3 bulan sekali pada bulan Januari sebesar 7,17 triliun.


Sedangkan kartu sembako pada bulan Januari, akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga dengan jumlah anggaran 3,76 triliun dan bansos tunai bagi 10 juta keluarga di bulan Januari akan disalurkan anggaran sebesar 3 triliun.


"Sehingga keseluruhan anggaran yang disalurkan bulan Januari sebesar 13,93 triliun rupiah," ujar Risma dalam acara peluncuran yang diseremonialkan oleh Presiden Joko Widodo secara virtual dan diiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/1).


Lebih lanjut, Risma menyebut penyaluran PKH dan Kartu Sembako akan dilaksanakan oleh bank-bank milik negara seperti BRI, BNI, Mandiri dan BTN.


"Bagi penerima yang sakit, lanjut usia dan penyandang disabilitas berat, bank-bank tersebut akan mengantarkan langsung ke tempat tinggal masing-masing," ungkap Risma.


"Begitu juga untuk bansos tunai, penyerahan bantuannya akan dilaksanakan oleh PT Pos Indonesia juga akan mengantarkan ke tempat tinggal masing-masing bagi keluarganya," tambahnya. 






sumber: rmol.id

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close