Enam Petugas Kebun Binatang Positif Covid-19, Dua Anak Harimau Putih Mati

 


NAFAZNEWS.COM - Covid-19 kini tidak hanya menginfeksi manusia. Buktinya, dua anak harimau putih berusia 11 pekan yang mati di kebun binatang Pakistan bulan lalu akibat terinfeksi corona.


Anak-anaknya mati di Kebun Binatang Lahore pada 30 Januari. Empat hari setelah memulai pengobatan untuk virus panleukopenia kucing. Penyakit yang menurut pejabat kebun binatang umum terjadi di Pakistan dan menargetkan sistem kekebalan kucing.


Tetapi otopsi menemukan paru-paru anak-anak itu rusak parah. Mereka menderita infeksi parah. Ahli patologi menyimpulkan mereka meninggal karena Covid-19.


Meskipun tidak ada tes PCR untuk virus corona baru yang dilakukan, Wakil Direktur Kebun Binatang, Kiran Saleem mengatakan kepada Reuters bahwa kebun binatang yakin anak-anaknya adalah korban pandemi yang telah menewaskan 12.256 orang di Pakistan.


"Setelah kematian mereka, administrasi kebun binatang melakukan tes terhadap semua petugas. Enam dinyatakan positif. Termasuk satu petugas yang menangani anak-anaknya," kata Saleem.


"Ini memperkuat temuan otopsi. Anak-anaknya mungkin tertular virus dari orang yang menangani dan memberi mereka makan," lanjutnya.


Kebun binatang Pakistan secara teratur menarik kemarahan aktivis hak-hak hewan, yang mengatakan ratusan hewan telah mati karena kondisi kehidupan yang buruk di sana.


"Dua anak harimau putih terakhir telah mati di kebun binatang Lahore dan sekali lagi akibat kelalaian manajemen dan pihak berwenang," kata Zufishan Anushay, pendiri JFK (Justice for Kiki) Animal Rescue And Shelter seperti dikutip dari Reuters.


Harimau putih sangat langka dan membutuhkan habitat dan lingkungan khusus untuk hidup sehat. Dengan mengurung mereka dalam kondisi tidak higienis tanpa pengaturan medis, maka itu sangat membahayakan.


Pada bulan Desember, dua beruang coklat Himalaya diterbangkan dari Kebun Binatang Islamabad ke tempat perlindungan di Yordania.


Penyelamatan itu terjadi beberapa pekan setelah seekor gajah Kaavan dipindahkan ke tempat perlindungan di Kamboja, puncak dari kampanye selama bertahun-tahun yang melibatkan bintang pop AS Cher.


Di Kebun Binatang Peshawar, para pejabat mengatakan empat jerapah mati pada tahun 2020. Tahun lalu, dua singa di Kebun Binatang Islamabad mati lemas ketika para pekerja menyalakan api di kandang mereka.




Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close