-->

Type something and hit enter

By On

 

Ikan aligator gar ditemukan mati terdampar di waduk Singapura (Foto: Karen Lythgoe/Pen News)

NAFAZNEWS.COM - Seekor ikan mirip buaya bikin heboh Singapura. Ikan itu ditemukan terdampar di pinggir waduk dalam kondisi mati oleh seorang ekspatriat asal Inggris.


Pria bernama Karen Lythgoe (31) mendokumentasikan penemuan ikan raksasa yang mengejutkan itu.


"Ada beberapa orang yang sudah melihatnya dari trotoar, tapi itu terlalu jauh. Dari jauh kami kira ini buaya, tapi kurang tepat. Jadi kami keluar jalur untuk melihat lebih dekat. Ini bukan buaya, seperti yang mungkin Anda lihat di kebun binatang. Dia tampak seperti hewan prasejarah dengan rahang dan gigi yang besar," kata Karen, dikutip dari The Sun, Jumat (19/2/2021).


"Saya terkejut dan penasaran bagaimana hal ini bisa terjadi di waduk," ujarnya, lagi.


Seorang warga, Imran Kassim (27), mengira hewan itu merupakan reptil predator lainnya. "Sejujurnya, itu seperti buaya, terutama karena sebagian tubuhnya hilang, mungkin dimakan biawak," ujarnya.


"Itu sangat aneh, tapi terlihat seperti kadal dengan rahang terbuka lebar. Saya tidak akan pernah menyangka itu ikan," tuturnya, lagi.


Bangkai hewan tersebut telah diteliti otoritas, namun analisisnya cukup mengejutkan. Dalam pernyataan bersama, otoritas pengairan dan Dewan Taman Nasional menyatakan, makhluk itu merupakan ikan alligator gar dari Amerika Serikat bagian selatan. Jarak habitat aslinya sekitar 16.000 kilometer dari Singapura.


Spesies ini disebut 'fosil hidup' karena begitu banyak kesamaan dengan nenek moyangnya paling awal.


Mengenai bagaimana makhluk itu bisa sampai di Singapura, pihak berwenang memperkirakan hewan itu sempat dipelihara lalu dilepas begitu sudah besar. Ikan alligator gar kecil memiliki panjang rata-rata sekitar 20 sentimeter dan ada yang menjualnya di pasar ikan Singapura.




sumber iNews.id


Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment