-->

Type something and hit enter

author photo
By On

 

Tangkapan layar video TikTok soal beda pelayanan terhadap tamu lokal dan turis asing di Bali ©2021 Merdeka.com

NAFAZNEWS.COM -Konten TikTok tentang perbedaan layanan kepada wisatawan lokal dan turis mancanegara atau bule di Bali menjadi viral. Unggahan itu langsung mendapat respons ribuan netizen yang umumnya mengamini kondisi itulah yang terjadi di Pulau Dewata.


Video diunggah oleh akun TikTok dengan username @flowerbeebee pada Rabu (12/5) dan sudah tonton ribuan orang. Dalam video itu terlihat seorang perempuan bergaun cokelat berjoget TikTok di depan outlet pedagang.


"Perbedaan pelayanan terhadap tamu bule dan tamu lokal di Bali. Tamu bule disambut dengan sangat ramah, bahkan pemilik toko keluar melayani, (bule) dilayani bagaikan raja," tertulis pada video itu.


"Tamu lokal dilayani oleh staf seadanya, mungkin dianggap orang lokal tidak punya uang. Padahal lokal lebih banyak belanjanya dari pada tamu bule."


Komentar yang muncul umumnya mengamini tulisan yang ada pada video itu. Bahkan banyak yang membandingkan dengan pelayanan di Yogyakarta.


"Iye bener mending ke jogja ajah ... lebih humanity," tulis akun leona angela.


"Akhirny ada yg speak up. dr jaman aq SMP kls 1 thn 1998 ya udah gini perlakuannya," tulis TyasGavin.


Terkait konten ini, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa saat dikonfirmasi mengatakan tidak baik mendikotomikan atau membedakan wisatawan. Wisatawan dari mana pun harus dilayani dengan ramah dan sopan.


"Tidak baik seperti itu menurut (saya). Tidak boleh mendikotomi wisatawan. Dunia hospitality harus ramah dan sopan santun terhadap wisatawan dari mana saja, baik lokal maupun mancanegara harus diperlakukan sama," ujar Astawa.



sumber merdeka.com


Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment