-->

Type something and hit enter

By On
Ilustrasi 


 NAFAZNEWS.COM - Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau telah meminta pihak rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 di wilayah setempat untuk menyediakan alat bantu pernafasan High Flow Nose Cannula (HFNC) pada ruang isolasi. 


Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi mengatakan bahwa alat tersebut dibutuhkan untuk membantu upaya penanganan terhadap pasien. Dengan harapan, angka keselamatan pasien Covid-19 bisa lebih tinggi.


"Tanggal 16 April lalu Pemerintah Provinsi sudah berikan surat resmi kepada rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 di Riau untuk menyediakan HFNC 10 persen dari total kapasitas rungan isolasi," ujar Yovi, Minggu (2/5/2021).


"Jadi kalau ada 50 tempat tidur (dalam ruang isolasi), berarti harus ada 5 HNFC. Kalau ada 100 tempat tidur, berarti ada 10,"  tambahnya lagi.


Lebih lanjut dokter spesialis paru itu menerangkan, HNFC merupakan alat bantu pernafasan bertekanan tinggi yang mampu menyalurkan oksigen kapasitas 60 liter kepada pasien yang membutuhkan.


"Dia ke hidung juga. Tapi tekanan tinggi. Jadi kalau pakai oksigen biasa itu kan maksimal hanya 15 liter. Pakai ini, itu bisa 60 liter. Jadi kalau ada pasien yang sesak hebat, tidak perlu inkubasi ventilator," terangnya.(mcr) 

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment