-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On

 


NAFAZNEWS.COM - Harga kelapa sawit periode 14 – 20 Juli 2021 mengalami kenaikkan pada setiap kelompok umur.  Kenaikkan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 158,94/Kg atau mencapai 7,01% dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2.426,19/Kg.


Kepala dinas perkebunan Riau, Zulfadli mengatakan, naiknya harga periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikkan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.


"Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) naik tajam pada perdagangan hari ini. Kenaikan ini terjadi setelah harga turun selama beberapa hari. Pada Jumat (9/7/2021) pukul 10:09 WIB, harga CPO di Bursa Malaysia tercatat MYR 3.828/ton. Melesat 1,57% dibandingkan sehari sebelumnya," katanya.


Sepertinya pelemahan nilai tukar mata uang ringgit Malaysia menjadi penopang harga CPO. Komoditas ini dibanderol dengan ringgit, sehingga saat mata uang Negeri Harimau Malaya melemah maka harga CPO jadi lebih murah bagi investor yang memegang mata uang lain.


"Permintaan yang naik juga membuat harga ikut terungkit. Mudah-mudahan tren kenaikan terus berlanjut," harapnya. (mcr)

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment