-->

Type something and hit enter

Editor On
Alip Ba Ta. Foto/YouTube




NAFAZNEWS.COM - Alip Ba Ta, YouTuber sekaligus gitaris, sukses menghebohkan dunia maya berkat kepiawaiannya bermain gitar akustik. Saking apik dan fenomenal permainan gitarnya, pria bernama asli Alif Gustakhiyat ini menuai banyak pujian dari musisi hebat dunia.


Gitaris fingerstyle asal Ponorogo, Jawa Timur, ini sebenarnya berprofesi sebagai operator forklift di sebuah perusahaan di Pulogadung, Jakarta Timur. Ia mulai dikenal setelah video bermain gitarnya mencuri perhatian publik.


Alip Ba Ta kerap menghadirkan video saat dirinya meng-cover lagu memakai gitar akustik sederhana dengan gaya khas fingerstyle. Gaya konten seperti ini sebetulnya sudah banyak digeluti beberapa musisi di YouTube. Namun yang menarik, di setiap video yang dipostingnya, pria 31 tahun ini selalu tampil dengan gaya apa adanya, baik dari segi tampilan, set equipment, hingga latar belakang video.


Alip Ba Ta biasanya mengambil video di dalam kamar sederhana ditemani secangkir kopi dan sebatang rokok, lengkap dengan asbak dari kaleng biskuit. Equipment yang digunakan pun hanya bermodalkan sebuah mic dan perekam suara yang difungsikan sebagai studio kecil.


Meski tampil apa adanya, harmonisasi petikan gitar Alip Ba Ta justru menyita perhatian netizen dan musisi dunia. Buktinya, sejak meluncurkan kanal YouTube Alip Ba Ta pada 2018, jumlah subscriber Alif sudah menyentuh 4,3 juta. Para netizen bahkan menjulukinya sebagai Dewa Gitar. Sejumlah musisi sempat terpukau melihat kepiawaian Alif Gustakhiyat, bahkan sering diulas para reaktor di YouTube.


Komposisi aransemen lagu-lagu dari grup band super dibawakan dengan gaya khasnya. Seperti Hotel California milik Eagle, Bohemian Rhapsody dan Love of My Life yang dilantunkan Queen, Sweet Child O Mine Guns and Roses, It’s My Life Bon Jovi, You and I Scorpion, Numb milik Linkin Park, sampai lagu-lagu pemusik Tanah Air seperti Iwan Fals, Andre Hehanusa serta grup band Gigi dan Dewa-19.


Lagu-lagu daerah bahkan lagu perjuangan pun dimainkan Alip Ba Ta. Semua dibawakan dengan fasih olehnya bak seorang maestro gitar lulusan akademi musik internasional.


Permainan Alip Ba Ta pernah dipuji musisi papan atas dunia. Sebut saja Brian May, gitaris band legendaris Queen, sempat mengunggah video Alip yang meng-cover lagu Bohemian Rhapsody di akun Facebook miliknya. Selain itu, video Alip Ba Ta memainkan lagu Love of My Life juga pernah diunggah pada akun resmi Facebook Queen.


Musisi dunia lain yang juga terkesan dengan permainan Alip adalah Synyster Gates. Gitaris band Avenged Sevenfold itu mengunggah aksi Alip di Instagram Story-nya, lengkap dengan kata-kata pujian. Selain itu, Alip pernah pula mendapatkan pujian dari gitaris Alexandr Misko, Fun Two, dan Igor Presnyakov.


Alip mungkin tidak peduli akan ketenaran, tapi kebiasaan minum kopi sambil main gitar juga diikuti para musisi dunia. Bahkan, ada yang sengaja memesan kopi luwak asli Indonesia. Kini mereka sudah bisa berkata 'Kopi Mana Kopi' atau 'Mantap'. Ada yang menilai jika Alip muncul dan membuat konser sendiri, mereka yakin Alip akan menghasilkan uang hingga miliaran rupiah. Sayang, beberapa videonya dengan penonton di atas 10 juta sudah dihapus.




Sumber: Sindonews.com

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment