-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On


NAFAZNEWS.COM - Ustadz Abdul Somad (UAS) memberikan penjelasaan mengenai sah atau tidak sholat jumat seseorang yang datang ke Masjid ketika khatib sedang membaca berkhutbah.

Sholat Jumat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat islam khususnya laki-laki sebagai pengganti shalat dzuhur.

Sholat jumat sendiri mempunyai banyak pahala yang bisa didapatkan jika kita mengoptimalkan dengan melakukan amalan-amalan sunnah, seperti datang lebih awal ke Masjid.

Akan tetapi di era yang penuh dengan teknologi ini, banyak masyarakat yang datang ke Masjid ketika khatib telah membaca khutbah.

Dari hal tersebut, seorang jamaah UAH mempertanyakan hukum sholat jumat seseorang yang datang ke Masjid ketika khatib sedang membaca khutbah.

Dilansir dari kanal YouTube.com Love Islam, UAS menjawab pertanyaan tersebut dengan memberikan cerita.

Dari cerita yang disampaikan tersebut, UAS meminta kepada para jamaah untuk menyimpulkan apakah sholat jumat seseorang yang datang ke masjid ketika khatib membaca khutbah sah atau tidak.

"Saya cerita jamaah yang menjawah," kata UAS seperti dikutip dari kanal YouTube Love Islam pada Kamis, 14 OKtober 2021.

UAS menceritakan bahwa pada zaman dahulu, Nabi Muhammad Saw berkhutbah di atas mimbar. Disaat Khutbah itu datang seorang laki-laki dan langsung duduk.

Melihat laki-laki yang langsung duduk tersebut, Nabi Muhammad Saw memerintahkan untuk berdiri dan melaksanakan sholat dua rakaat.

Setelah menceritakan hal tersebut, UAS bertanya kepada jamaah apakah sah sholat laki-laki yang terlambat itu.

"Sahkah sholat laki-laki itu?," tanya UAS.

Kemudian jamaah secara kompak menjawab sah. Kemudian UAS menjelaskan bahwa sholat laki-laki yang datang terlambat itu tetap sah.

Akan tetapi meskipun sholat yang dilakukan laki-laki tersebut tetap sah, UAS menghimbau kepada laki-laki untuk tidak datang terlambat terus saat menunaikan ibadah sholat jumat.***

sumber PortalJember.com

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment