Menko Luhut Pandjaitan Klaim Indonesia Sudah Mampu Kendalikan Covid-19, Ini Bukti-buktinya...

NAFAZNEWS.COM - Pemerintah sudah mampu mengendalikan dan menekan pertumbuhan kasus baru virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Khususnya di sembilan provinsi yang memiliki tingkat penularan tertinggi sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Demikian disampaikan Luhut Panjaitan dalam Acara 4 Menko Satu Panggung: Dialog Satu Tahun Jokowi-Maruf (Pandemi, Resesi dan Demokrasi), di TVRI, Ahad(25/10/2020).

"Masalah Covid-19 ini memang betul kita harus serius. Penanganan sekarang pun saya pikir kita sudah mampu untuk melakukan pengendaliannya," ujar mantan Kepala Staf Kepresidenan di era awal Presiden Jokowi.

Hal itu bisa terjadi karena penanganan sejak di rumah sakit sudah cukup baik bagi mereka yang terinfeksi virus corona.

Pun obat-obatan yang diperlukan untuk merawat pasien Covid-19 sudah tersedia dan terstandarisasi di semua rumah sakit rujukan di Indonesia.

"Karena penanganan di rumah sakit, dan obat-obat sudah cukup banyak," jelas mantan Menkopolhukam ini.

Kemudian sistem karantina bagi mereka yang terjangkit yang tidak memiliki gejala atau gejala ringan sudah berjalan, menurut Luhut Panjaitan.

Selain itu, yang terpenting tegas Luhut Panjaitan, penanganan di hulu yakni 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak).

"Penanganan hulunya, memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak. Ditambah lagi kita persiapkan vaksin. Sekarang ini saya pikir semua lebih terintegrasi," jelasnya.

Sebelumnya, Luhut Panjaitan menargetkan dua pekan angka kematian dan laju penularan virus corona (Covid-19) akan mengalami penurunan di sembilan provinsi.

"Dalam dua minggu ke depan akan turun," ujar Luhut seperti dikutip Tribunnews.com dalam Channel Youtube Karni Ilyas Club, yang diupload Jumat (9/10/2020) malam.

Bagaimana cara atau strategi Luhut untuk mencapai target dari presiden Jokowi untuk menurunkan angka kematian dan laju penularan Covid-19?

Luhut dan tim memetakan ada tiga masalah pokok dalam penanganan Covid-19 di tanah air.

Pertama, bagaimana menangani di hulu. Hal ini terkait sosialisasi dan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan.

"Di sini ini kita memulai testing, tracing, karantina dan segala macam. Ini kan kurang terpadu," jelas Luhut.

Kedua, penanganan di hilir dari rumah sakitnya.

Di rumah sakit rujukan Covid-19, Luhut dan tim.menemukan sejumlah persoalan terkait pengobatan.

Ia pun memanggil dokter ahli untuk membahas obat-obat penging yang perlu disediakan untuk pasien Covid-19 di rumah sakit.

"Karena semua standar, sudah ada. Sekarang kita perbaiki logistik di rumah sakit, dengan perawatannya, dengan manajemen," jelasnya.



Sumber Berita: tribunnews.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post