Ketum PP Muhammadiyah: Tokoh Umat Islam Harus Jadi Teladan Baik Ucapan, Sikap Dan Tindakan

NAFAZNEWS.COM - Umat Islam sebagai kelompok mayoritas di Indonesia diimbau untuk terus memberikan solusi terhadap kompleksitas persoalan yang dihadapi bangsa.

Termasuk kepada para tokoh agama Islam, diharapkan tetap menjadi uswah hasanah atau teladan yang baik bagi para pengikutnya dengan ikhtiar memberikan pencerahan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Demikian pesan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir saat memberikan sambutan dalam acara HUT ke-108 Muhammadiyah, Rabu (18/11).

"Khusus bagi umat Islam sebagai penduduk mayoritas di negeri ini. Umat di bawah bimbingan para tokohnya dapat menjadi uswah hasanah dalam segala ucapan, sikap, dan tindakan yang memancarkan pencerahan dan kemajuan," ucap Haedar Nashir.

Menurut Haedar, apabila umat Islam Indonesia dapat memberikan teladan yang terpuji, apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir ini, hal itu merupakan kontribusi yang baik bagi Islam dan negara Indonesia.

"Umat mayoritas sungguh terpuji bila mampu memberi solusi baik dalam menghadapi pandemi maupun masalah negeri," tuturnya.

Risalah dan keteladan Nabi Muhammad SAW, kata Haedar Nashir, sedianya menjadi rujukan utama semua tokoh umat Islam dalam rangka menyempurnakan akhlak dan menebarkan rahmat kepada sesama, sebagaimana misi Rasullullah itu diutus ke muka bumi.

"Dalam menyebarkan misi penyempurnaan akhlak mulia dan raḥmatan lil-'ālamīn penting menjadi komitmen utama semua pihak di tubuh umat dan tokoh Islam," ujarnya.

"Masyarakat luas saat ini makin cerdas dan kritis, bagaimana menyaksikan bukti keteladanan dan akhlak mulia umat mayoritas di negeri muslim terbesar di dunia ini. Baik buruknya Indonesia tergantung pada kiprah dan kontribusi umat Islam," demikian Haedar Nashir.


seperti dikutip dari laman RMOL.id.

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post