Bayi Gajah Selamat dari Kematian Berkat Napas Buatan

 


Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi kepada siapa pun, termasuk hewan. Seperti gajah yang satu ini.


Dikutip BBC, seekor bayi gajah viral karena kecelakaan. Di Provinsi Chanthaburi, Thailand, gajah ini diketahui sedang menyeberang jalan raya untuk masuk ke hutan tempat dia tinggal.


Namun, nasib malang tak dapat dihindari. Gajah kecil ini ditabrak motor dan tak sadarkan diri. Tak hanya si gajah kecil yang tumbang, pengendara motor juga jatuh.


Beruntung, seorang petugas penyelamat yang sedang tak bertugas tak sengaja berada di tempat kejadian. Petugas itu bernama Mana Srivate.


Melihat gajah kecil yang tak sadarkan diri, insting Mana memberitahunya untuk melakukan CPR dengan cepat.


Sepanjang karier selama 26 tahun, Mana mengaku belum pernah melakukan CPR untuk seekor gajah.


Dalam rekaman video, diketahui Mana menerapkan kompresi dada dengan kedua tangannya.


Dada gajah itu naik turun karena CPR yang dilakukan Mana. Dari kejauhan terdengar suara induk gajah yang memanggil anaknya yang hilang.


"Naluri saya adalah menyelamatkan nyawa, tetapi sepanjang waktu saya khawatir karena saya mendengar induk dan gajah-gajah lain memanggil bayi gajah," kata Mana.


Meski dalam keadaan gelap gulita, Mana tetap melakukan CPR. Prosedur napas buatan selama CPR pun Mana lakukan untuk di gajah kecil.


"Ketika bayi gajah itu mulai bergerak, saya hampir menangis," ujar Mana.


Dalam waktu 10 menit, bayi gajah itu sudah bisa berdiri kembali. Kemudian bayi gajah dibawa ke lokasi lain untuk perawatan. Setelah dipastikan bahwa si bayi gajah baik-baik saja, para petugas kembali membawanya ke lokasi tabrakan.


Manapun menjelaskan bagaimana dirinya bisa melakukan CPR kepada hewan.


"Saya mengira-ngira di mana letak jantung gajah berdasarkan teori manusia dan rekaan video yang saya tonton di internet," tutur Mana.


Saat Mana memberikan pertolongan kepada gajah, rekan-rekannya membantu pengendara motor yang terjatuh. Sang pengendara motor selamat tanpa luka serius.


Sang bayi gajah dilepas ke arah hutan. Begitu mendengar suara anak gajah, sang induk dan gajah-gajah lain kembali ke lokasi untuk menyambutnya.


sumber: rakyatku.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close