Kuatkan Gerakan Penerima Manfaat Beasiswa Cikal, SGI Adakan Pameran Startup Project Leadership Daring

NAFAZNEWS.COM - Selain menggelar Wisuda Akbar Program Beasiswa Cikal Muamalat, SGI juga mengadakan Pameran Startup Project Leadership (SPL) daring. SPL merupakan inovasi pembelajaranberbasis kolaborasi kepemimpinan guru bersama siswa dalammemecahkan permasalahan teraktual melalui rintisan usaha yang inovatif dan produktif.

"SPL diterapkan kepada 20.000 siswa di Indonesia termasuk di dalamnya 386 penerima manfaatBeasiswa Cikal Muamalat agar kebermanfaatan PM bisadirasakan oleh masyarakat luas melalui project-nya," tutur Agung Pardini, Master Teacher SGI yang diwawancarai daring pada Senin (14/12).

Keberhasilan SPL bisa dilihat dari keseriusan KomunitasRemaja Peduli Lingkungan (KRPL) asal Kalimantan Tengah yang mampu menggerakan masyarakat untuk hidup lebih bersih. Melalui gerakan tersebut KRPL berhasil mengurai masalahutama penyebab banjir di wilayah mereka.

Maulida, InisiatorKRPL yang saat ini duduk di kelas 6 SDN 3 Pembuang Hulu 2, mengungkapkan kebahagiaannya bisa melakukan gerakankebaikan berkelanjutan. Meski masih rintisan, komunitasnyaberhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp3.740.000 yang digunakan untuk membangun bank sampah. Saat ini Maulidaaktif melakukan aksi kebersihan serta sosialisasi pentingnyamenjaga kebersihan lingkungan.

Selain SPL bidang kesehatan dan lingkungan, masih banyakSPL lain yang bergerak di bidang literasi, ekonomi, dan sosial. Di antaranya Gerakan Fajar Mengaji, Gerakan Jum'at Bersih, Perkedel Pelangi (Perpustakaan Edukasi Luring), Good Community (Gowes Our Books Everyday), Rubara Cikal(Rumah Baca Rafeyla Cikal), Gerakan Peduli Anak Yatim danDhuafa, Budi Daya Madu Trigona, Usaha Rendang Asli UdaPinang, Minuman Telimon (Telang, Lidah Buaya dan Lemon ), Aksi Seribu Botol ( AKSIBOL), dan masih banyak lagi.

"Seluruh SPL hasil karya penerima manfaat ditampilkan secaradaring pada rangkaian acara, kami berharap SPL yang digagaspara penerima manfaat dapat terus berlanjut meskipun program Beasiswa Cikal Muamalat telah berakhir," tegas Agung Pardini. Rls

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close