Lima Tips Menghindari Boros Belanja saat Harbolnas 12.12

NAFAZNEWS.COM - Harbolnas 12.12 atau hari belanja Online Nasional merupakan salah satu hari yang ditunggu para pemburu diskon, apalagi untuk para wanita karena kaum hawa sangat identik dengan belanja dan diskon.

Harbolnas memang menggiurkan, bagaimana tidak? Berbagai macam barang dijual dengan harga yang miring.

Karena murah sudah bisa dipastikan sebagian dari kita ada yang kalap hingga membeli yang tidak perlu. Nah, bagaimana kalau kondisi kalap dan tidak terkendali seperti ini malah berujung membuat keuangan jadi berantakan? Perencana keuangan Finansialku, Rista Zwestika CFP membocorkan bagaimana kiat menjawab keresahan pada saat harbolnas 12.12.

Menurutnya, belanja saat Halbonas bisa jadi menguntungkan apabila membeli sesuai yang benar-benar dibutuhkan dan begitu juga sebaliknya. Bila Anda membeli hanya berdasarkan keinginan atau nafsu belaka karena harganya murah maka ini bisa mengganggu keuangan pribadi, bahkan keluarga bila sudah berkeluarga. Beberapa tips agar Anda dapat tetap terkendali pada saat Harbolnas yaitu:

1. Buat daftar belanjaan yang dibutuhkan
Anda bisa membuat daftar barang yang diperlukan sehingga dapat sesuaikan skala prioritasnya. Carilah penawaran yang menarik untuk kebutuhan sehari-hari terlebih dahulu.

2. Tetapkan budgetnya
Setelah membuat daftar belanjaan para moms wajib banget nih buat anggaran untuk barang-barang yang akan dibeli. Jangan sampai belanja lebih dari anggaran ya. Hal tersebut akan mengganggu keuangan Anda.

3. Lakukan survey harga barang yang akan dibeli
Pembeli yang cerdas adalah pembeli yang rajin untuk melakukan survey harga barang. Ketika kita melakukan survey harga barang, maka Anda akan mendapatkan penawaran yang lebih hemat. Survey harga asli dan harga di toko-toko lainnya buat perbandingan diskonnya ya!

4. Jangan belanja dalam keadaan emosional
Hal ini yang biasanya terjadi, karena khawatirnya justru Anda malah kalap dan membeli apa yang tidak dibutuhkan. Sebaiknya atasi dulu keadaan emosi Anda, baru kemudian memutuskan untuk berbelanja.

5. Teliti juga kualitas barang yang ditawarkan
Hal ini juga harus diperhatikan sebelum berbelanja. Jangan asal murah tapi gampang rusak. Misalnya Anda seorang ibu yang mengatur keuangan di rumah maka harus cerdas saat berbelanja dan tidak semata-mata tergiur diskon.


sumber: sindonews.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close