Pasang Foto Pesawat Jatuh, Ngabalin Kena Batunya

 

Klik untuk perbesarInilah foto yang dipasang Ali Mochtar Ngabalin, di twitternya, kemarin. Ngabalin kemudian mencopot foto ini. Ngabalin juga minta maaf. (Foto: Istimewa)

NAFAZNEWS.COM - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin kembali bikin heboh. Di saat banyak orang lagi berduka, Ngabalin malah pasang foto pesawat jatuh yang dinilai foto editan di akun Twitternya. Akibatnya, Ngabalin dikecam warga dunia maya. Kali ini, Ngabalin kena batunya.


Postingan itu dibuat Ngabalin lewat akun Twitter @AliNgabalinNew, Minggu (10/1). Isinya berupa sebuah foto seorang perempuan berhijab dengan latar belakang pesawat yang jatuh ke laut.


“Wahai Zat yang menghidupkan dan mematikan, tiada daya dan upaya kecuali di tanganMu lah semua bisa terjadi. Temani mereka semua dan kasihilah mereka semua dalam kasih dan sayangMu. Aamin, aamin Ya Rabbal’Alamin,” begitu Ngabalin membuat caption di foto yang dipostingnya itu.


Meskipun niat Ngabalin baik, namun banyak warga dunia maya yang langsung bereaksi dan meminta postingan itu dihapus. Pasalnya, foto pesawat jatuh yang diposting Ngabalin adalah hasil editan.


Pakar telematika, Roy Suryo ikut menyoroti foto yang diunggah Ngabalin itu. Lewat akun twitternya @KRMTRoySuryo2, eks Menteri Pemuda dan Olahraga ini menilai, foto yang diposting Ngabalin adalah hoaks, alias hasil editan.


Dari analisis data jatuhnya Siwijaya Air, Roy menyebutkan, kurang lebih 555,457 km per jam. Sehingga foto itu tidak akan mampu menangkap momen jatuhnya pesawat jika hanya menggunakan kamera handphone.


“Foto yang diunggah di akun @AliNgabalinNew Minggu 10-01-21 20.13 WIB, disinyalir hasil editan. Karena jika analisis kecepatan jatuh SJ-182 +- 555,457 Km per Jam,” kata Roy sebagaimana dikutip dari RMco.id.


Ali Mochtar Ngabalin

“Maka foto sejelas tersebut hanya dapat dibuat dengan kamera (DSLR?) shutter di atas 1 per 125 detik dan diafragma f 16 atau lebih, bukan HP,” ungkapnya.


Eks politisi Demokrat ini meminta warga dunia maya mempolisikan Ngabalin karena menyebar foto hoaks di tengah-tengah musibah. “Ada baiknya Ybs klarifikasi dulu, Akun @AliNgabalinNew itu Asli miliknya, dipegang sendiri atau bagaimana? Karena ‘Like’-saja dilaporkan, apalagi ini menyebarkan,” ujarnya.

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close