Kisah Eks Prajurit TNI Dulu Gagah, Kini Tak Berdaya Cuma Duduk di Kursi Roda

 

Kisah Mantan Prajurit TNI. Youtube/TNI AD ©2021 Merdeka.com

Kisah seorang mantan prajurit TNI Angkatan Darat bernama Ade Casmita, belakangan ini tengah ramai menjadi perhatian netizen. Hal tersebut diketahui setelah akun Youtube resmi TNI AD, membagikan kisah eks prajurit berpangkat Kepala Kopral (Kopka) itu.

Kopka Ade, merupakan sosok prajurit tangguh yang dulunya disebut sangat diandalkan rekan-rekannya dalam bidang kelistrikan, komunikasi, dan perhubungan.

Namun nahas, akibat sebuah insiden yang tak terduga saat bertugas, membuat Ade harus mengalami kelumpuhan karena stroke. Berikut informasi selengkapnya:

Kisah Prajurit Terbaring Sakit

Dalam video berjudul 'Prajurit yang Dulu Gagah, Kini tidak Berdaya | BULETIN TNI AD', membagikan momen ketika Kolonel Arm Anang Krisna, berkunjung untuk menjenguk Kopka Ade Casmita di kediamannya.

Dalam video, nampak kedatangan Kolonel Anang pun disamput tangis haru Kopka Ade. Ade yang terduduk lemas di atas kursi rodanya itu, terus menangis sambil berusaha berbicara meski terbata-bata.

kisah mantan prajurit tni

Youtube/TNI AD ©2021 Merdeka.com

"Enggakpapa, temen-temen masih ada disini masih inget sama Ade Casmita kebanggaannya Armed 10 Kostrad," kata Anang mencoba menenangkan Kopka Ade.

Penyebab Alami Stroke dan Kelumpuhan

kisah mantan prajurit tni

Youtube/TNI AD ©2021 Merdeka.com

Dalam video, Ade menceritakan awal mula dirinya mengalami stroke dan kelumpuhan. Ia mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar 4 tahun lalu ketika ia mengawal latihan prajurit Artileri Medan (kesatuan bantuan tempur) di Ambal, Kebumen, Jawa Tengah.

Sebagai prajurit yang bertanggung jawab dalam bagian kelistrikan, perhubungan, dan komunikasi, disebutkan jika Ade sempat memanjat sebuah tower setinggi 70 meter untuk memasang repeater. Menurut penuturannya, repeater itu akan digunakan untuk melakukan latihan penembakan rudal.

Tiba-Tiba saja, ia tak sengaja menginjank tawon ndas (jenis lebah yang sengatnya cukup berbahaya). Karena panik, ia kemudian tidak sengaja menjatuhkan sarah lebah tersebut. Setelah itu, ia diserang oleh 8 ekor lebah di berbagai bagian tubuh termasuk kepalanya.

"Naik tower 70 meter itu punya telkom, di pijakan ada tawon ndas terus nginjek. Saya jatuhin sarangnya, tau-tau ngeroyok (tawon) ada 8 ekor di kepala, lengan," kata Ade.

Langsung Mengalami Stroke

kisah mantan prajurit tni

Youtube/TNI AD ©2021 Merdeka.com


Setelah mengalami insiden diserang segerombolan lebah, Kopka Ade mengaku jika awalnya ia hanya merasa pusing dan tetap melanjutkan aktivitasnya. Namun, beberapa hari setelah itu ia tiba-tiba mendapati tubuhnya tak bisa bergerak ketika bangun tidur.

"Emang udah enggak fit tapi dia (Ade) maksain buat kerja katanya karena itu tugas dan enggak ada yang bisa gantiin. Mau dibawa ke dokter juga dia bilang engga usah-engga usah. Terus suatu hari pas bangun udah enggak bisa bergerak," cerita istri Ade.

Sejak saat itulah, ia divonis menderita stroke dan hanya bisa terkulai lemas di atas kursi rodanya. Saat ini, prajurit yang dulunya gagah itu hanya bisa mengandalkan sang istri dalam aktivitas kesehariannya.

 

sumber www.merdeka.com


Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close