-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On

 


NAFAZNEWS.COM - BAHAN makanan yang banyak di rumah dan bernutrisi adalah bawang putih. Bawang putih mengandung vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh seperti mangan, selenium, vitamin C, vitamin B6, dan antioksidan lainnya termasuk allicin.


Selain menambah kelezatan dan harum pada makanan, bawang putih ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.


Sebuah penelitian melaporkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mengendurkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah.


Lantas, apa saja manfaat lainnya dari bawang putih? Berikut daftarnya, sebagaimana dilaporkan laman Healthgrades.


1. Menurunkan kolesterol


Bawang putih dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol Anda. Menambahkan bawang putih ke dalam rutinitas harian Anda adalah kebiasaan hidup sehat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tahun demi tahun.


2. Mengontrol tekanan darah


Bawang putih memiliki manfaat anti-inflamasi dan membantu aliran darah yang lancar. Beberapa penelitian menemukan bahwa tekanan darah menurun sebesar 10 persen saat mengonsumsi suplemen bawang putih. Cukup konsumsi empat siung bawang putih dalam sehari.


3. Mengatasi pilek dan flu


Bawang putih dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi keparahan dan lamanya gejala pilek dan flu. Tambahkan lebih banyak bawang putih pada makanan saat Anda merasa masuk angin.


4. Mengurangi risiko penyakit jantung


Dengan merelaksasi pembuluh darah yang mengeras dan mencegah agregasi trombosit, bawang putih meningkatkan produksi oksida nitrat yang membuat pembuluh darah rileks. Ini juga mencegah trombosit mengikat protein yang mengurangi pembekuan darah.


5. Tulang lebih kuat


Menambahkan bawang putih dengan dosis harian dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis dan osteoartritis.


6. Meningkatkan performa atletik


Bawang putih dipercaya dapat meningkatkan kinerja dan mengurangi kelelahan orang yang melakukan pekerjaan fisik.


7. Mengatasi jerawat


Antioksidan, antibakteri, dan antijamur yang terkandung dalam bawang putih memiliki manfaat besar untuk kulit Anda. Gosok bawang putih mentah di atas jerawat untuk membunuh bakteri. Berhati-hatilah dan jangan berlebihan jika memiliki kulit sensitif. Menggunakan ekstrak bawang putih topikal dari waktu ke waktu dapat memiliki efek anti penuaan karena bawang putih membantu meningkatkan pertumbuhan sel kulit.


8. Meningkatkan daya ingat


Antioksidan dalam bawang putih dipercaya melindungi dari kerusakan otak dan menjaga otak Anda berfungsi lebih baik seiring bertambahnya usia. Bekerja dengan meningkatkan aliran darah otak untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah.


Sumber: Okezone.com


 

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment