-->

Type something and hit enter

author photo
By On

 

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan - - Foto: Antara/ Hafids Mubarak

NAFAZNEWS.COM -Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah akan mengembangkan ekonomi biru (blue economy) dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional. Apalagi potensi maritim yang dimiliki Indonesia cukup besar.

 

Potensi ekonomi biru di Indonesia ini didukung oleh 75 persen wilayah Indonesia yang merupakan lautan. Indonesia juga memiliki 2,5 juta hektar ekosistem terumbu karang dan mangrove yang mencapai 3,31 juta hektare.

 

"Blue economy ini jadi betul-betul target pemerintah untuk kita bisa implementasikan. Ini untuk memperkuat sektor ekonomi sekaligus jadi pertumbuhan ekonomi baru untuk mencapai tujuan pembangunan," kata dLuhut dalam webinar di Jakarta, Jumat, 7 Mei 2021.

 

Luhut mencontohkan, saat ini pemerintah tengah membangun lumbung ikan nasional di Ambon. Pembangunan ini memakan anggaran yang cukup besar serta kerja sama dengan negara lain.


"Kami sedang menggerakkan bagaimana pengelolaan ikan di lumbung ikan nasional yang ada di Ambon. Kita sedang kerja sama, dana yang kita siapkan sudah cukup besar, bekerja sama dengan beberapa negara. Kita lihat ini akan bisa kita mulai akhir tahun ini," ungkapnya.

 

Selain itu, ia menyebut pemerintah tengah menjalankan program pemanfaatan laut dan udang di sejumlah daerah seperti Sulawesi dan selatan Jawa. Dengan adanya seluruh proyek ini, ia meyakini ekonomi biru Indonesia bisa dikembangkan.

 

"Kalau itu berjalan, maka sumbangan ekonomi antara di sebelah timur dan barat Indonesia akan menjadi lebih baik ke depan. Saya percaya ISEI akan bisa memainkan peran, juga membantu kami didalam studi dan dalam juga eksekusi program," pungkas dia.

 




Sumber medcom.id

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment