-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On


NAFAZNEWS.COM - Seorang pria dewasa yang mengalami ejakulasi akan mengeluarkan sperma dan cairan semen yang pekat melalui penis. Sebenarnya, untuk mengetahui ciri-ciri dari sperma yang sehat tidak dapat dilihat secara kasat mata, namun kamu bisa mengenalinya dari warna air mani yang keluar.

Dilansir Mayo Clinic, umumnya air mani atau sperma pria normal memiliki warna putih keabu-abuan. Namun demikian, beberapa kondisi pada tubuh dapat menyebabkan adanya perubahan warna cairan sperma. Berikut ini beragam warna sperma beserta penyebabnya yang perlu kamu ketahui, dilansir Hellosehat.

1. Putih, abu-abu, atau jernih

Air mani yang mempunyai warna putih, abu-abu, atau jernih menunjukkan bahwa sperma dalam keadaan yang sehat. Lebih lanjut, biasanya cairan sperma dengan warna ini bertekstur kental sebagai tanda bahwa terdapat jutaan sel sperma di dalamnya.

Namun demikian, sebagian pria bisa saja memiliki sperma yang encer meskipun sebenarnya dalam kondisi normal. Hal tersebut dapat disebabkan karena jumlah sperma yang sedikit, terlalu sering ejakulasi, hingga kekurangan zinc dalam tubuh.

2. Kuning atau kehijauan

Dalam beberapa kasus tertentu, sperma dapat berwarna kuning kehijauan. Hal ini dapat terjadi karena beberapa penyebab diantaranya:

Mengonsumsi makanan yang mengandung pewarna atau makanan dengan kandungan sulfur yang tinggi, misalnya bawang putih.
- Minum alkohol dan merokok
- Becampur dengan air urine
- Penyakit kuning karena penumpukan bilirubin di dalam tubuh
- Leukositospermia yaitu kadar sel darah putih yang terlalu banyak dalam cairan semen
- Infeksi prostat

3. Jingga sampai kemerahan

Sperma yang berwarna jingga, orange, bahkan merah bisa menjadi pertanda bahwa sperma pada mulanya bagus, namun terdapat darah segar yang larut di dalamnya.

Hal ini bisa disebabkan karena terjadinya peradangan, infeksi, penyumbatan, atau cedera dalam sistem reproduksi yang tak disadari. Meskipun dapat digolongkan tidak normal, namun kondisi yang biasa dinamakan dengan hemastormia ini umum ditemukan.

4. Kecokelatan

Warna kecokelatan pada sperma sebenarnya memiliki kasus yang agak mirip dengan warna kemerahan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya darah merah yang berubah menjadi cokelat karena terdapat cedera di bagian testis atau infeksi. Pada awalnya darah berwarna merah segar, namun karena terpapar oksigen, maka warnanya menjadi berubah kecokelatan.

5. Hitam

Cairan sperma juga bisa berwarna kehitaman. Hal ini biasanya juga disebabkan oleh darah. Kondisi darah yang terpapar oksigen dalam waktu yang lama di dalam tubuh dapat membuat warnanya semakin menggelap hingga kehitaman.

Tak hanya itu, sperma yang berwarna hitam pun dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya, seperti paparan logam berat atau cedera pada tulang belakang.

Nah, itulah beragam warna sperma yang dapat menjadi tanda bagi kesehatan pria. Kamu bisa menghubungi pihak medis lebih lanjut apabila disertai dengan beberapa gejala lainnya yang mengganggu seperti nyeri ketika buang air kecil atau iritasi pada organ intim. Semoga membantu.




sumber suara.com

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment