-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On


NAFAZNEWS.COM -  Semua kita tahu, kini tempat untuk buang air besar dan kecil dengan menggunakan kloset. Namun, pada era modern kloset bisa digunakan dalam posisi duduk. Meskipun kloset jongkok juga masih banyak digunakan.

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences, Dov Sikirov menilai bahwa berjongkok atau duduk saat di kloset bisa memengaruhi kelancaran saat buang air besar (BAB).

Ketika kita berjongkok, seluruh otot puborectalistidak bekerja, sehingga memudahkan proses pembuangan.

Sehingga, buang air besar menggunakan kloset duduk membutuhkan waktu yang lebih lama dan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan dengan kloset jongkok.

Saat menggunakan kloset jongkok, sudut anorektal akan membentuk sempurna. Di mana sudut anorektal adalah sudut yang terbentuk di area antara anus dan rektum (bagian akhir dari usus) yang merupakan jalur keluarnya feses.

Pada saat kita menggunakan kloset duduk, diduga sudut ini tertekuk sehingga feses sulit keluar. Sedangkan, ketika memakai kloset jongkok, usus dan anus berada pada jalur yang lurus hingga memungkinkan feses keluar dengan mulus.

Beberapa dokter pun merekomendasikan pasien mereka untuk jongkok ketika buang air besar, ketimbang menggunakan kloset duduk atau bidet.

Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah usus yang seringkali dialami. Banyak ahli berpendapat bahwa penyakit pencernaan berawal dari duduk dan mengejan di kloset duduk.

Masalah awal biasanya disebabkan karena sulit buang air besar yang mengharuskan kita mengejan dengan tenaga maksimal.

Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa semakin banyak waktu yang kita habiskan di kamar mandi dengan kloset duduk, semakin besar kemungkinan untuk terkena wasir atau pembengkakan pembuluh darah di dalam atau sekitar anus.

Selain unsur kesehatan, kloset jongkok pun dinilai lebih higienis dibandingkan kloset duduk. Hal ini dikarenakan tidak terjadi kontak langsung antara tubuh dengan kloset itu sendiri.

Menggunakan kloset jongkok di kamar mandi juga dapat melatih kekuatan kaki dan otot kaki dengan menahan berat badan dan melatih otot dasar panggul.

Sumber: Pojosatu.id

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment