-->

Type something and hit enter

author photo
By On

NAFAZNEWS.COM - BTS memang membawa berkah tersendiri bagi para perusahaan yang menggunakan jasa endorse mereka. Pasalnya boyband asal Korea Selatan dengan personel yang digawangi V, J-Hope, RM, Jin, Jimin, Jungkook, dan Suga ini merupakan salah satu brand ambassador paling populer di dunia selain Blackpink.


Raksasa gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat, McDonalds bekerja sama BTS pastinya untung besar. Kolaborasi tersebut berupa menu BTS Meal yang telah diluncurkan di Amerika Serikat pada 26 Mei 2021 lalu diklaim paling cepat menggemukkan pundi uang mereka.


Di Indonesia, BTS Meal pun telah diluncurkan kemarin, Rabu 9 Juni 2021 juga diklaim sama meraup untung, akan tetapi terkendala lantaran melalaikan protokol kesehatan (prokes) terkait kerumunan yang rentan memicu penularan Covid-19.


Paket makanan BTS Meal di Indonesia hanya bisa dibeli melalui layanan Drive Thru, GoFood, serta GrabFood. Dilansir dari Forbes, strategi McDonalds melalui kolaborasi dengan BTS ini diproyeksi menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah.


Hal tersebut tercermin dari kolaborasi McDonalds dengan beberapa publik figur kenamaan yang sebelumnya juga sudah pernah dilakukan. Sebelumnya, McDonalds telah melakukan kolaborasi dengan rapper Travis Scott pada September tahun lalu.

Produk hasil kolaborasi itu sendiri berisi minuman Sprite ukuran medium, burger quarter-pounder, serta kentang goreng dengan saus barbeque.


Sementara itu, menu BTS Meal berisi paket makanan yang ditawarkan berupa nuggets ayam, kentang goreng, dan minuman bersoda yang dikemas dengan kemasan khusus berwarna ungu. Juga disertai dua saus (dipping sauce), saus pedas manis dan saus Cajun khas Korea Selatan.

Dari penjualan menu hasil kolaborasi tersebut, Scott mendapatkan bayaran endorsement sebesar lima juta dolar AS atau sekitar Rp 71,25 miliar (kurs Rp 14.250). Di sisi lain, ia juga mendapatkan bayaran sebesar 15 juta dolar AS dari hasil penjualan merchandise berupa t-shirt hingga bantal berbentuk McNugget.


Dari hasil penjualan paket makanan kolaborasi tersebut, McDonalds mampu menutupi penurunan kinerja perusahaan yang mencapai sebesar empat persen dan 24 persen pada dua kuartal pertama tahun ini.

Penjualan paket makanan hasil kolaborasi dengan BTS pun diproyeksi bakal melampaui hasil penjualan paket makanan kolaborasi sebelumnya. Pasalnya, popularitas BTS saat ini bisa dikatakan lebih besar dibandingkan dengan kedua publik figur sebelumnya.


Seperti diketahui, BTS diketahui memiliki basis penggemar yang cukup besar berjuluk Army, terlihat dari jumlah pengikut mereka di Twitter yang mencapai 34,5 juta orang. Sementara Scott dan Balvin, hanya memiliki jumlah pengikut di Twitter sebanyak 20,1 juta.


BTS sendiri merupakan salah satu grup dengan bayaran termahal di dunia. Berdasarkan catatan Forbes, BTS menduduki posisi ke 47 dalam Forbes 2020 Celebrity 100, sementara Scott berada di posisi nomor 82.


Boyband dengan anggota tujuh cowok tampan itu menyumbang sekitar 87 persen dari total pendapatan perusahaan mereka, HYBE (sebelumya bernama Hits Entertainment) pada 2020 lalu. Untuk diketahui, di Indonesia, penjualan BTS Meal tidak hanya diselenggarkan dalam sehari, melainkan tetap dijual sampai persediaan habis.


"Tidak hanya sehari, mulai 9 Juni 2021 sampai persediaan habis saja," ujar Associate Director McDonalds Indonesia, Sutji Lantika dalam keterangan resminya pada Rabu kemarin.


Terkait jumlah produk BTS Meal yang disediakan, Sutji menambahkan, tidak ada kuota atau batasan BTS Meal dalam sehari. Menurutnya, berapapun pelanggan yang membeli akan tetap dilayani pihak McDonalds Indonesia.



Sumber terkini.id




Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment