-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On

NAFAZNEWS.COM - Kementeri Dalam Negeri (Kemendagri) menargetkan akhir Juni 2021 ini akan mengeluarkan keputusan akhir batas wilayah tiga segmen konflik di Provinsi Riau.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Setdaprov Riau, H Sudarman saat dikonfirmasi terkait progres penyelesaian konflik batas wilayah daerah ini di Kemendagri. Mendagri RI Tito Karnavian akan menetapkan batas wilayah konflik itu.

"Kemendagri menargetkan akhir Bulan Juni sudah tuntas. Nanti Mendagri yang mengeluarkan keputusannya, segmen batas yang dikonflikkan itu masuk wilayah kabupaten mana," kata Sudarman, Kamis (17/6/21) di Kantor Gubernur Riau.

Adapun tiga segmen yang dikonflikkan itu menurut Sudarman yakni, batas wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan Kuantan Singingi (Kuansing). Kemudian, batas wilayah Kabupaten Siak dengan Kampar dan Kabupaten Pelalawan dengan Kampar.

Untuk proses penyelesaian konflik batas ini papar Sudarman, pihak Kemendagri telah melakukan survey ke lapangan. Selain itu, Kemendagri juga memverifikasi dokumen-dokumen yang diberikan oleh masing-masing pemerintah kabupaten (Pemkab) yang bersengketa.

"Kami dari Pemprov Riau yang langsung mendampingi pihak Pemkab kabupaten untuk menyampaikan dokumen itu ke Kemendagri. Dokumen itu yang diverifikasi oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Wilayah (Adwil) Kemendagri," terangnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Gubernur Riau H Syamsuar telah memanggil seluruh Bupati yang daerahnya terlibat konflik batas wilayah. Dari lima segmen konflik itu, dua diantaranya telah selesai. Sementara tiga segmen lagi harus menunggu keputusan Mendagri.  (mcr)

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment