-->

Type something and hit enter

Editor On

NAFAZNEWS.COM - Fenomena langit yang jarang terjadi kembali menyambangi Bumi untuk kedua kalinya di tahun ini, yakni ketika Matahari berada tepat di atas Ka'bah.


Pada 27 Mei 2021 lalu, fenomena serupa sudah pernah terjadi. Fenomena yang juga disebut Istiwa'ul A'zham (Great Culmination) ini akan kembali terjadi pada 15 Juli 2021 mendatang.


Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan, fenomena ini terjadi ketika deklinasi Matahari bernilai sama dengan lintang geografis Ka'bah.


"Sehingga ketika tengah hari, Matahari tepat berada di atas Ka'bah," jelas LAPAN, dilansir dari laman resminya, Minggu (11/7).


Di Indonesia, fenomena ini bisa digunakan untuk meluruskan arah kiblat. Puncaknya terjadi pada pukul 16.26.42 WIB atau 17.26.42 WITA atau 18.28.42 WIT.


Namun, sebagian Provinsi Maluku, mulai dari Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kep. Tanimbar, dan Kabupaten Kep. Kei, tidak bisa merasakan fenomena ini.


Kemudian, Kota Tual, Kabupaten Maluku Barat Daya (minus Pulau Wetar), dan Kabupaten Kepulauan Aru, ditambah dengan Provinsi Papua Barat serta Provinsi Papua.



Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment