-->

Type something and hit enter

Editor On

 

Ilustrasi Paus


NAFAZNEWS.COM - Nabi Yunus punya kisah ditelan paus dan lalu diselamatkan Tuhan. Siapa sangka peristiwa yang sama bisa terjadi pada orang biasa.


Kejadian ini menggegerkan di Amerika dan jadi pemberitaan banyak media. Para ilmuwan biologi pun memperbincangkannya soal kemungkinan selamat dimakan paus.


News.com Australia seperti dilihat, Senin (12/7/2021) memberitakan peristiwa ajaib dan menegangkan ini dialami oleh Michael Packard. Dia adalah seorang diver dengan pengalaman 30 tahun dan pencari lobster di Cape Cod, Massachusetts, Amerika Serikat.


Dia diwawancara khusus untuk acara 60 Minutes di Channel 9 Now Australia. Kejadian ini menurutnya adalah 4 minggu lalu saat menyelam mencari lobster.


"Saya dalam penyelaman ketiga, hampir sampai dasar. Tahu-tahu saya seperti ditabrak kereta dan tiba-tiba semua gelap. Saya berpikir sesaat untuk menyadari kalau saya ada di mulut paus," kata Packard.


Packard sempat berpikir dimakan hiu, tapi tidak ada luka cabikan gigi, di situlah dia yakin dimakan paus. Packard shock dan panik, bagaimana caranya keluar dari mulut paus.


Paus itu melanjutkan perjalanan di laut dengan Packard di mulutnya. Air membanjir masuk ke mulut paus dan menerjang Packard. Regulator selamnya sempat lepas tapi bisa diambilnya lagi.


"Mulutnya cukup sempit. Saya ambil regulator dan bisa bernafas lagi. Mulut paus rasanya seperti ada otot menekan di sekujur tubuh saya," ujarnya.


Packard mencoba bergerak tapi susah, dia berpikir dirinya akan mati di dalam mulut paus. Packard berpikir tidak mungkin bisa keluar kecuali pausnya memuntahkan dia.


Keajaiban pun terjadi. Packard merasakan pausnya berenang ke permukaan laut. Benar saja, si paus memuntahkan isi mulutnya di permukaan air.


Pada saat itu, rekan penyelam Packard yang bernama Josiah Mayo ada di permukaan air. Dia melihat seekor paus bungkuk naik ke permukaan laut lalu menyemburkan air dari mulutnya, bersamaan itu menyemburkan juga Packard.


Dari situ diketahui spesies paus yang memakan Packard ini adalah humpback whale atau paus bungkuk (Megaptera novaeangliae). Menurut Mayo, Packard keluar dari mulut paus seperti orang melompat terjun ke kolam renang.


"Ya Tuhan, saya bisa keluar, saya tidak mati!" kata Packard yang berusia 57 tahun ini.


Mayo lantas menyelamatkan Packard untuk mendapatkan perawatan. Otot ligamen kaki dia sobek dan harus diberi penyangga.


Ketika Packard menceritakan kisah ini, banyak orang yang tidak percaya dan menuduh Packard membual. Ceritanya terlalu ajaib memang, seperti kisah Nabi Yunus. Namun ada saksi mata Mayo dan komunitas diver yang mendukungnya.


Ketika media massa mewawancarainya, kisah Packard nampaknya sungguhan. Selain media lokal, Packard tampil di BBC Inggris sampai talkshow Jimmy Kimmel.


Tanggapan Ahli


 Para ilmuwan bersuara menanggapi kejadian pria selamat usai ditelan paus seperti Nabi Yunus. Hal itu bukannya mustahil.

Pria dengan kisah ajaib itu adalah Michael Packard, seorang diver pemburu lobster. Dia ditelan paus di daerah Cape Cod, Massachussets, Amerika Serikat, pada bulan Juni silam.


Nyawanya selamat setelah dimuntahkan oleh paus di permukaan air. Dia dilarikan ke rumah sakit, namun untung lukanya tidak berat. Dari pemberitaan media lokal Cape Cod Times, kisah ini diikuti media internasional seperti BBC Inggris dan News.com Australia.


Bagaimana Packard bisa selamat setelah ditelan paus seperti Nabi Yunus? Ilmuwan pun angkat bicara seperti kepada National Geographic seperti dilihat Selasa (13/7/2021).


Nicola Hodgins, dari Whale and Dolphin Conservation di Inggris mengatakan paus mustahil memakan orang. Apa sebabnya?


Menurut ilmuwan, meskipun manusia bisa masuk ke dalam mulut paus bungkuk, tapi paus tidak makan orang. Ukuran tenggorokan paus ternyata berdiameter seperti kepalan tangan manusia saja. dan maksimum tenggorokan paus mencapai diameter 1 meter.


"Secara ilmiah tidak mungkin paus menelan manusia. Packard berada di tempat yang salah dan di waktu yang salah," kata Hodgins.


Ternyata ini bukan kejadian pertama. Pada Oktober 2020, pemain kayak di California, AS hampir dimakan paus sperma. Sementara pada Maret 2019, operator wisata di Port Elizabeth, Afrika Selatan juga hampir dimakan paus.


Kisah paus makan orang ini memang seperti kisah Nabi Yunus atau dongeng Pinokio. Namun, apa sih sebenarnya yang sedang dilakukan oleh paus itu?


Menurut ilmuwan kejadian tersebut adalah saat paus mencari mangsa, tapi bukan memangsa manusia. Paus bergigi seperti paus sperma, mereka makannya cumi dan ikan.


Sementara paus baleen seperti paus bungkuk, paus biru, paus abu-abu, makanannya adalah plankton, krill dan udang kecil. Baleen adalah semacam bulu sikat yang ada di mulut paus yang berfungsi sebagai penyaring mangsanya dan menggantikan fungsi gigi.


Sumber: https://inet.detik.com/

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment