-->

Type something and hit enter

Editor On
Instagram/@actforhumanity



NAFAZNEWS.COM - Kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia tentu tak lepas dari jasa para pahlawan dan veteran yang telah rela mempertaruhkan nyawa mereka. Meskipun pengorbanannya untuk negara begitu besar, nyatanya tak sedikit mantan pejuang kemerdekaan RI kini justru hidup jauh dari kata layak.


Salah satunya adalah Gani, pria paruh baya berusia 81 tahun ini merupakan veteran yang dulu pernah ikut berjuang melawan para penjajah.


Menghabiskan masa mudanya untuk menjaga dan mempertahankan negara, tak lantas membuat kehidupan Gani di hari tua terjamin. Kini, ia justru harus menghabiskan masa tuanya di sebuah rumah sederhana di bantaran sungai Kota Cirebon. Simak ulasannya:


Mantan Pejuang Kemerdekaan

Memasuki bulan kemerdekaan, sudah sepatutnya kita kembali mengenang jasa para pahlawan dan juga pejuang dalam meraih kemerdekaan dari tangan penjajah.


Gani, merupakan satu dari ribuan veteran yang dulunya ikut berperang memperebutkan kemerdekaan. Melansir dari unggahan di Instagram ACT For Humanity, disebutkan jika Gani dulunya pernah bertugas di kapal perang di wilayah perbatasan. Ia merupakan pejuang kedaulatan RI saat terjadi konflik Dwikora.


"Tahun 1960, saya dapat tugas di kapal perang di perbatasan perairan Indonesia-Malaysia, hingga tahun 1965. Baru pada tahun 2008 dapat gelar Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI)," kata Gani, dikutip dari Instagram @actforhumanity (9/8/2021).


Instagram/@actforhumanity


Hidup Serba Kekurangan di Bantaran Sungai

Meski telah berjuang dan menghabiskan masa mudanya untuk menjaga negara, tak lantas membuat kehidupan Gani terjamin. Di tengah kondisinya yang sulit untuk berjalan akibat menjadi korban tabrak lari, kini Gani harus menghabiskan masa tuanya di rumah sederhana di bantaran Sungai Kota Cirebon.


Instagram/@actforhumanity


Dalam foto-foto yang dibagikan, terlihat kondisi rumah mantan pejuang RI tersebut bisa dibilang jauh dari kata layak. Berdiri di atas bantaran sungai, rumah tersebut hanya terbuat dari papan, bambu, dan juga seng.


"Tak nampak lagi apresiasi yang tersisa dari dedikasinya bertahun-tahun menjaga bangsa. Sungguh memprihatinkan," tulis keterangan.


Instagram/@actforhumanity


Komentar Netizen

Instagram/@actforhumanity


Meski kehidupannya yang sekarang tidak sebanding dengan perjuangannya, namun rasa cinta Gani terhadap Indonesia tidak pernah berkurang. Keinginannya pun sederhana, ia hanya berharap bisa tinggal di tempat yang lebih layak untuk menghabiskan masa tuanya. Setelah dibagikan, unggahan itupun lantas ramai dibanjiri beragam komentar dari warganet.


"sehat selalu Pak Gani dan semua Veteran," kata @kangsurya_


"seharusnya pejuang-pejuang dan veteran kaya gini bisa dapat fasilitas gratis di masa tuanya dari negara," tulis @oxtorg


"Terima kasih banyak pak atas perjuangannya dan seluruh veteran di RI," kata @syakira_putri5


"Seharusnya negara lebih memerhatikan veteran drpd pejabat. Harusnya mereka yg dpt rumah bagus, fasilitas kesehatan yg memadai, dan biaya sehari2 yg cukup," kata @bdl.onlineshop.



Sumber: Merdeka.com

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment