Sekali Podium Pertama Cukup Bagi Joan Mir Raih Juara Dunia MotoGP

NAFAZNEWS.COM -  Akhirnya Joan Mir dapat memenuhi targetnya untuk mengunci gelar juara dunia MotoGP di sirkuit Ricardo Tomo, Valencia, Minggu 15 November 2020. Joan Mir memulai balapan dari posisi start 12 Joan Mir tampil konsisten untuk tetap berada di posisi aman.

Sesuai dengan ucapannya sebelum balapan, pembalap Suzuki Ecstar ini mengaku untuk tetap berada di 10 besar agar mendapatkan poin untuk mengunci gelar juara dunia. Makanya bagi Joan Mir, lap demi lap akan sangat penting untuk memahami posisi, untuk bisa mementukan apa yang harus dilakukan hingga garis finish dikibarkan.

Keberhasilan meraih gelar juara dunia semakin terwujud setelah Fabio Quartararo mengalami nasib sial, karena mengalami low side saat akan melewati tikungan. Sementara Joan Mir dengan gaya balapnya yang kalem tapi menusuk, tetap konsisten untuk bersaing di 10 besar.

Hingga akhirnya garis finish dikibarkan, Joan Mir mampu finish di urutan ke tujuh dan berhasil mengumpulkan poin 171, sementara posisi Quartararo digantikan oleh Franco Morbidelli yang berhasil meraih podium pertama di MotoGP Valencia dengan selisih 29 poin. Sekaligus mengunci gelar juara dunia MotoGP musim 2020.

Pencapaian Joan Mir yang berhasil meraih juara dunia Motogp di tahun 2020, merupakan penantian Suzuki selama 20 tahun lalu, karena Suzuki terakhir kali meraih juara dunia MotoGP pada tahun 2000 melalui Kenny Roberts, Jr.

Suzuki sendiri baru kembali ke panggung MotoGP tahun 2015. Tim pabrikan ini mengundurkan diri dari ajang balap paling akbar di dunia pada tahun 2012 karena kesulitan finansial. Setelah enam tahun, nasib baik menghampir Suzuki Ecstar MotoGP melalui duet pembalap handal Alex Rins dan Joan Mir.

Uniknya keberhasilan Joan Mir meraih juara dunia MotoGP juga cukup uni, pasalnya pembalap berusia 23 tahun, selama satu musim hanya mampu meraih podium pertama hanya satu kali, perjuangan dia meraih gelar juara dunia mirip dengan Nicky Hayden yakni konsisten meraih poin di setiap serinya. Hanya saja dulu Hayden berhasil meraih dua kali podium pertama, sementara Joan Mir hanya satu kali podium pertama.

 

 

Sumber: 100kpj.com


Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post