Dompet Dhuafa Pendidikan Gelar Acara Bertajuk ‘’Become a Profesional Voice Over & Dubber’’

 


NAFAZNEWS.COM - Sebanyak 98 peserta mengikuti Ruang Inspirasi bertema "Become a Professional Voice Over & Dubber" yang diadakan  Komunitas Filantropi Pendidikan (KFP) pada Sabtu (13/02).


Menggandeng Tisa Julianti, Expertise VO & Dubber, Ruang Inspirasi ingin mengenalkan  dunia voice over & dubber termasuk bagaimana memulai berkarir di bidang tersebut. 


Meskipun dilaksanakan secara daring, namun kegiatan ini berlangsung sangat seru dan antusiasme peserta sungguh luar biasa. Dimoderatori Palupi Mutiasih, alumni program Dompet Dhuafa Pendidikan dan pegiat literasi serta pendongeng, Ruang Inspirasi semakin semarak dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan para peserta. Tidak hanya itu, peserta juga diajak melakukan simulasi teknik voice over. 


Tisa Julianti memaparkan jika perjalanannya menjadi VO & dubber dimulai sejak 1993 di Sanggar Prathivi, tempat ia mengasah keterampilan suara dan melatih kepercayaan diri untuk berbicara.


"Pertama terjun menjadi VO & dubber peranku hanya sebagai  figuran, ngomong hanya satu kalimat. Alhamdulillah berkat keuletan, terus berlatih, dan sabar, setelah dua tahun akhirnya dipercaya mengisi suara pemeran utama," ujar Tisa Julianti penuh semangat. 


Ia menambahkan bahwa kejujuran turut memegang peranan penting bagi para VO & dubber pemula. “Voice Over dan dubber adalah pekerjaan tim. Kita bekerja dengan banyak orang. Maka ciptakan suasana positif agar orang nyaman bekerja bersama kita. Dan kejujuran menjadi faktor utama,” tegasnya.


Menurut Tisa Julianti, menjadi profesional VO & dubber butuh proses berkesinambungan, ilmu yang terus digali, dan tak pernah lelah bertanya kepada para senior di bidang tersebut. 


“Jadi dulu kalau aku lagi ada jam take suara, aku datang satu jam lebih awal. Misalnya aku ada jadwal pukul 13.00 maka pukul 11.00 aku sudah ada di studio buat liatin orang yang take. Seraya bergumam "ohh seperti ini caranya", aku ambil ilmu mereka dengan seksama,” ujar wanita yang telah mengisi ratusan suara iklan ini.


“InsyaAllah tidak ada yang tidak mungkin jika kita bersungguh-sungguh dan ingat jangan lupa berdoa. InsyaAllah jika bersungguh-sungguh dan fokus dengan apa yang kita mau,  kita akan bertemu di satu project, di satu kerjaan. Jadi semangat terus, belajar terus, dan jangan kenal lelah," tutup Tisa Julianti. rls



Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close