Keterlaluan Banget Deh! Pindah Diam-Diam, Pemilik Kontrakan Syok Lihat Kondisi Rumah dan Tagihan Listrik

 


NAFAZNEWS.COM - Jorok dan menjijikkan! Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan penyewa yang dengan santai meninggalkan rumah yang telah habis masa kontraknya dalam keadaan kotor.


Kondisi tersebut baru disadari seorang gadis yang iseng-iseng mengunjungi rumah kontrakan yang baru saja selesai disewakan kepada sebuah keluarga.


Kekecewaan gadis yang merupakan cucu pemilik rumah kontrakan tersebut diungkapkan melalui video yang viral setelah dibagikan di akun TikTok @ayintanx.


Intan mengatakan rumah tersebut milik kakeknya yang saat ini sudah berusia 60 tahun lebih. Rumah itu disewakan kepada pasangan suami istri bersama empat anak mereka.


Menurut Intan rumah lantai satu yang berada di Kota Tinggi, Johor, Malaysia, itu sudah dikontrak keluarga tersebut sejak tahun 2016.


Selama ini, Intan dan adik perempuannya yang diberi kepercayaan untuk menerima pembayaran uang kontrakan rumah tersebut.


Kebetulan, baru-baru ini ada orang yang menanyakan rumah kontrakan tersebut untuk disewa. Orang itu ingin melihat dulu sebelum menyewa.


" Kami pun bingung karena rumah itu masih ada yang menyewa. Tapi kami kemudian mendapat informasi kalau penyewa lama sudah mengosongkan rumah tersebut, dan pindah ke tempat lainnya," jelas Intan.


Gadis berusia 19 tahun itu mengatakan dia kemudian menghubungi penyewa lama untuk mengembalikan kunci rumah tersebut.


" Ketika saya datang untuk memeriksa rumah kontrakan, kondisinya tidak seperti saat dulu mereka pertama kali masuk.


" Sekarang masih banyak barang seperti furnitur yang sengaja ditinggal begitu dan tidak dibuang," kata Intan.


Dinding rumah bagian luar dan dalam dipenuhi coretan dan tempelan stiker anak-anak. Intan memaklumi keluarga tersebut punya anak kecil, dan bahkan yang tertua berusia enam tahun.


" Tapi seharusnya tidak meninggalkan kondisi tembok seperti itu ketika akan pindah. Memangnya mau buatkan wallpaper untuk penyewa baru kah?," ujar Intan kesal.


Yang lebih menjijikkan lagi, kata Intan, di bagian dalam rumah terdapat banyak popok bayi sudah terpakai penuh dengan air kencing, dibiarkan berserakan di lantai.


Penyewa lama tidak merapikan seluruh rumah sebelum pindah. Lantainya tidak disapu, sampah ada di mana-mana. Paling parah di dapur, sampai ada tumpukan sampah yang sudah berulat.


" Bekas telur ditinggalkan begitu saja. Saat kami pindahkan, ternyata ada tikus bikin 'sarang'. Banyak sekali kotoran tikus yang kami temukan di sana-sini," kata Intan.



Namun yang paling membuat Intan bertambah kesal dan kecewa adalah penyewa lama meninggalkan tunggakan listrik yang jumlahnya bikin kepala pusing.


" Saat bersih-bersih di bagian dapur, saya lihat ada kartu tagihan listrik ditaruh diselipkan di kaca nako. Saya lihat tagihan bulan Januari 2021 sebesar 3.300 ringgit belum dibayar," katanya.


Intan mengatakan, keluarganya kini berusaha meminta tanggung jawab mantan penyewa untuk menyelesaikan tunggakan tagihan yang belum dibayar.


Keluarganya juga meminta mereka untuk membayar biaya perbaikan. Masalahnya, terdapat beberapa kerusakan pada rumah yang telah mereka tinggali selama bertahun-tahun.


" Saya ingin mengingatkan penyewa atau calon penyewa di mana-mana, jadikan rumah sewa seperti rumah sendiri, ada rasa tanggung jawab.


" Kalau saat masuk rumah bagus dan bersih, ya seperti itulah ketika ditinggalkan saat pindah ke tempat lain," pungkas Intan.




sumber dream.co.id

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close