Klinik Pratama Kayu Jati Diresmikan, Siap Menjadi Dokter Keluarga Warga Tembilahan

 


NAFAZNEWS.COM - Klinik Pratama Kayu Jati yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Nomor 31 Parit Sepuluh, Tembilahan hari ini diremikan, Minggu (27/03/2021).


Peresmian ditandai dengan acara pembacaan doa dan pemotongan pita oleh Komandan Kodim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faisal.


Pimpinan Klinik Pratama Kayu Jati, dr. Dicky Yulianda menyampaikan kliniknya berkomitmen menjadi dokter keluarga yang kuratif, edukatif dan humanis bagi masyarakat Tembilahan.


"Saya senang untuk menganalogikan peran ini layaknya jika orang tua memiliki anak dokter. Dokter tersebut pasti akan berusaha memahami secara menyeluruh kondisi keluarganya dan memberikan edukasi bagaimana agar tidak bagaimana anggota keluarga tersebut tidak jatuh sakit," ujar Dicky.


Ditambahlan Dicky, saat ini Klinik Pratama Kayu Jati memiliki UGD 24 Jam dengan dokter tetap, pelayanan farmasi, dan ruangan persalinan dan observasi.


"Fasilitas ini ditunjang dengan penggunaan rekam medis elektronik, sehingga pasien tidak perlu takut untuk catatan medisnya hilang atau rusak," jelas putra dari H Yusuf Said tersebut.


Fasilitas lainnya adalah desain klinik yang sesuai dengan Protokol Kesehatan yaitu ruangan tunggu yang lapang sehingga tidak terjadi kerumunan dan tersedianya exhaust di tiap ruangan sehingga partikel-partikel aerosol yang infeksius tidak mengendap di dalam ruangan.


"Selain itu juga ada sistem pengelolaan limbah cair dan penambungan limbah B3, sehingga kami menjaga agar tidak mengkontaminasi lingkungan di sekitar Klinik Pratama Kayu Jati," kata Dicky.


Dicky juga mentatakan fasilitas tidak ada artinya tanpa sumber daya manusia yang baik. Hingga saat ini klinik Pratama Kayu Jati memiliki 3 tenaga dokter, 3 bidan, 2 perawat, 1 apoteker dan 1 asisten apoteker.

"Kami semua berkomitmen untuk terus melayani dengan hati dan memahami kebutuhan semua pasien. Kami juga akan terus belajar dan berinovasi agar kami bisa menjawab seluruh kebutuhan dari pasien dan masyarakat. Ujarnya.


Sementara itu Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal menyambut baik berdirinya Klinik Pratama Kayu Jati, karena memang kebutuhan masyarakat untuk bidang kesehatan ini sangat tinggi.


"Kebetulan Kodim juga berada di Kelurahan. Semoga dengan adanya Klinik Pratama kayu Jati ini kebutuhan masyarakat akan kesehatan semakin terlayani dan saya harapkan bukan hanya masyarakat sekitar Klinik saja yang datang untuk berobat," kata Dandim. 


Imir Faishal mengapresiasi konsep yang disampaikan oleh dr Dicky, karena pada hakekatnya seorang dokter itu memang lebih diutamakan untuk konsultasinya.


"Kenapa masyarakat harus datang ke klinik kesehatan dan menjumpai seorang dokter, karena masyarakat butuh konsultasi, butuh saran, butuh hal-hal yang harus dilakukan baik dalam menjaga kesehatan maupun dalam hal penyembuhan penyakit," ujarnya. 


Dandim juga yakin dan percaya Klinik Pratama Kayu Jati kedepan akan maju dan tetap optimis serta semangat dalan membantu masyarakat di sekitar Kecamatan Tembilahan Hulu ini maupun Kabupaten lnhil pada umumnya.


"Saya ucapkan selamat dan sukses kepada dokter Diky tetaplah konsisten dan komitmen dengan niat yang sudah ditanamkan dalam hati, mudah mudahan Allah selalu memberikan kemudahan kelancaran bagi jalannya klinik ini," tutur Dandim.


Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close