-->

Type something and hit enter

Editor On
Ilustrasi



NAFAZNEWS.COM - Selain emping , beberapa jenis makanan terbukti bisa menyebabkan asam urat . Asam urat adalah jenis radang sendi yang melibatkan rasa sakit yang tiba-tiba, pembengkakan dan peradangan pada sendi.


Hampir setengah dari kasus asam urat mempengaruhi jempol kaki, sementara kasus lain mempengaruhi jari tangan, pergelangan tangan, lutut dan tumit yang menyerang saat malam dan berlangsung 3-10 hari.


Gejala asam urat atau serangan terjadi ketika ada terlalu banyak asam urat dalam darah. Asam urat adalah produk limbah yang dibuat oleh tubuh saat mencerna makanan tertentu.


Jika menderita asam urat, makanan tertentu dapat memicu serangan dengan meningkatkan kadar asam urat. Makanan pemicu biasanya tinggi purin, zat yang ditemukan secara alami dalam makanan. Ketika Anda mencerna purin, tubuh membuat asam urat sebagai produk limbah.


Makanan yang biasanya memicu serangan asam urat termasuk jeroan (hati, ginjal dan otak), daging merah (burung, sapi dan daging rusa), makanan laut (herring, trout, mackerel, tuna, sarden, teri, haddock, kerang, kepiting, udang dan telur ikan), alkohol, dan bir.


Makanan tersebut mengandung purin dalam jumlah sedang hingga tinggi. Namun, ada satu pengecualian bahwa sayuran tinggi purin tidak memicu serangan asam urat. Menariknya, fruktosa dan minuman yang dimaniskan dengan gula dapat meningkatkan risiko serangan asam urat dan asam urat, meskipun tidak kaya purin.


Selain itu, madu, nektar agave dan sirup jagung tinggi fruktosa dan ragi. Karbohidrat olahan seperti roti putih, kue, dan kue kering harus dihindari. Meskipun meskipun makanan tersebut tidak tinggi purin atau fruktosa, tapi rendah nutrisi dan bisa meningkatkan kadar asam urat.


Sumber: Sindonews.com

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment