-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On


NAFAZNEWS.COM - Semua diantara umat manusia tentu mempunyai kesalahan. Pasalnya, setiap manusia pasti pernah berbuat salah atau dosa, sekecil apapun itu.

Bila diistilahkan, manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Namun bukan berarti seseorang tidak bisa melakukan kebaikan serta menghindari kemaksiatan.

Seseorang seringkali dihadapkan pada dua pilihan. Menuruti hawa nafsu untuk melakukan dosanya atau menjauh serta lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

Dalam ajaran agama Islam, terdapat dosa besar dan kecil. Namun dalam suatu kajian, Almarhum Syekh Ali Jaber pernah menjelaskan dosa paling berbahya.

"Yang paling bahaya dosa adalah dosa mata," ungkapnya, seperti dikutip dari video YouTube TANJAK DAKWAH, 27 November 2020.

Maksud Syekh Ali Jaber, dosa mata adalah perbuatan kemaksiatan yang berkaitan dengan pandangan manusia terhadap hal yang tidak baik.

Lebih lanjut, Syekh Ali Jaber mengungkapkan alasan mengapa dosa mata merupakan yang paling berbahaya. Hal ini berkaitan dengan dampaknya.

"Memang tidak terlalu terasa saat kita lihat tapi lama-lama hal yang kita lihat dan pandangi menjadi sebuah kebiasaan. Akhirnya hati kita rusak," ujarnya.

Dampak kerusakan hati akibat dosa ini, kata Syekh Ali Jaber, bisa diamati saat seseorang tidak lagi merasakan kenikmatan ibadah, seperti shalat dan membaca Al-Quran.

"Semuanya berubah. Bahkan merubah akhlak atau sikap orang lain kepada kita. Itu semuanya gara-gara dosa kita," tuturnya.

Syekh Ali Jaber mengisahkan seorang ulama bisa mengenali dosa maksiatnya jika sikap istri dan anak-anaknya berubah.

"Kalau dia pulang bukan marah pada istrinya, namun marah kepada diri sendiri. Dosa apa yang saya lakukan sampai sikap istri saya berubah," imbuhnya.

Syekh Ali Jaber menuturkan itulah bahaya dosa maksiat. Namun ada satu karunia dari Allah bagi umat manusia yang melakukan perbuatan maksiat.

Malaikat tak langsung mencatat amal perbuatan ini. Allah SWtT masih menunggu hambaNya beristighfar dan bertaubat sampai malam sebelum tidur.***

sumber PortalJember.com

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment