Lima Peristiwa Terkait Malaysia yang Bikin Marah Publik Indonesia

 


Publik Indonesia dibuat geram dengan adanya video berisi rekaman lagu kebangsaan Indonesia Raya yang liriknya dipelesetken dengan kata-kata penghinaan dan pelecehan.


Video yang sempat beredar di media berbagi video Youtube oleh akun My Asean ini telah memancing kemarahan publik di Tanah Air. Dari gaya bahasanya, diduga pelaku perekam video berasal dari Malaysia.


Tidak tinggal diam, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia menyampaikan protes kepada Pemerintah Malaysia.


Menindaklanjuti protes Indonesia, Pemerintah Malaysia segera melakukan investigasi mengusut pelaku video rekaman tersebut. Malaysia juga mengutuk pelaku yang dinilainya telah melakukan provokasi merusak hubungan kedua negara.


Sebelum kasus video rekaman parodi Indonesia Raya, SINDOnews mencatat ada sejumlah peristiwa di Malaysia yang membuat kesal publik Indonesia.


1. Iklan di Malaysia Lecehkan TKI


Sebuah ikan perusahaan produsen robot pembersih di Malaysia sempat memantik kemarahan publik Indonesia pada tahun 2015 silam. Iklan yang mencantumkan tulisan Fire Your Indonesia Maid Now (pecat pembantu Indonesia anda sekarang) dianggap telah melecehkan Indonesia.


Kehebohan iklan tersebut memancing reaksi anggota DPR. Mereka mendesak Kementerian Luar Negeri memprotes keberadaan iklan tersebut kepada Malaysia. Bahkan Jusuf Kalla, Wakil Presiden saat itu menegaskan pemerintah meminta perusahaan tersebut menarik iklannya dan meminta maaf.


2. Bendera Indonesia Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017


Perhelatan olahhraga SEA Games 2017 sempat membuat publik Indonesia geram. Pemicunya, gambar bendera Indonesia yang terbalik di dalam buku panduan SEA GAmes 2017.


Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) saat itu, Imam Nahrawi memprotes kejadian tersebut. Atas hal itu, Penyelenggara Sea Games Malaysia (MASOC) meminta maaf dan menyatakan peristiwa itu bukan kesengajaan.


3. Pemain Malaysia U-16 Posting Bendera Terbalik


Pemain Tim Sepakbola Malaysia U-16 Amirul Ashrafiq Hanifah pernah menjadi sorotan menjelang pertandingan melawan Indonesia pada laga Piala AFF U1-6 tahun 2018.


Ketika itu, Amirul memposting foto bendera Indonesia terbalik di Instagram stroy-nya. Alhasil unggahannya memancing reaksi keras netizen Indonesia. Amirul akhirnya meminta maaf dan mengaku tidak memiliki niat melakukan hal tersebut.


4. Pengusaha Taksi Sebut Indonesia Miskin


Pada tahun 2019, nama pengusaha taksi di Malaysia, Shamsubahrin Ismail sempat membuat heboh Indonesia dan Malaysia. Ketika itu dia menjadi sasaran kekesalan netizen Indonesia.


Penyebabnya, pernyataan Ismail yang menyebut Gojek bisa berkembang di Indonesia karena kemiskinan di Indonesia terlalu tinggi dan jalan raya terlalu sempit untuk kendaraan.


Hal itu merupakan argumentasi Ismail yang menolak kehadiran Gojek di Malaysia.

Dia juga menegaskan anak muda Malaysia bukan dari keluarga miskin.


5. Lagu Indonesia Raya Dipelesetkan


Sejak Minggu 27 Desember 2020, publik Indonesia dibuat kesal dengan munculnya video rekaman di chanel Youtube berisi lagu Indonesia Raya dipelesetkan dengan kata-kata yang mengandung penghinaan.


Pelaku yang menggunakan gaya bahasa Malaysia ini tidak hanya menghina lagu kebangsaan Indonesia, tapi juga Presiden Jokowi dan Proklamator Soekarno. 


Menyikapi peristiwa ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia telah menyampaikan protes kepada Pemerintah Malaysia. Saat ini pemerintah negara tersebut sedang melakukan investigasi dan berjanji menindak tegas pelaku.



sumber: sindonews.com

Comment

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Previous Post Next Post
close