-->

Type something and hit enter

author photo
By On

 


NAFAZNEWS.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution didampingi Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika, Muhammad Arifin menghadiri peluncuran program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital secara virtual di Rumah Dinas Wagubri, Kamis (20/05/21).


Kegiatan peluncuran program ini diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional.


Saat peresmian tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan saat ini tantangan di ruang digital semakin besar dengan konten negatif dan munculnya kejahatan di ruang digital seperti berita hoax, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perundungan cyber, ujaran kebencian ataupun radikalisme berbasis digital.


"Hal ini perlu terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga kewajiban kita bersama untuk terus meminimalkan konten negatif yang membanjiri ruang digital," kata Presiden Jokowi.


Ia mengatakan bahwa perlu untuk meningkatkan kecakapan digital pada masyarakat agar mampu menciptakan konten yang kreatif, mendidik, menyejukkan dan juga menyerukan perdamaian.


Selain itu, Presiden Jokowi menambahkan bahwa keberadaan internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat membuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas dengan memperbanyak UMKM onboarding ke platform e-commerce.


"Sehingga internet bisa memberi nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.


Menurut Jokowi, literasi digital adalah bentuk kerja besar pemerintah. Namun pemerintah tidak bisa bekerja sendirian perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital.


Untuk itu, ia berharap program tersebut bisa mendorong berbagai inisiatif untuk melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat agar semakin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif.


"Dengan mengucap basmalah, saya luncurkan program literasi digital nasional hari ini," tutupnya.(mcr)

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment