-->

Type something and hit enter

author photo
Editor On

NAFAZNEWS.COM - Semua wanita menginginkan payudara kencang dan ukurannya ideal. Nah, ada mitos tentang tidak memakai bra bisa membuat payudara kendur.

Banyak wanita kerap tidak mengenakan bra karena merasa sesak atau takut dengan penyakit tertentu. Dr Deborah Lee dari Dr Fox Online Pharmacy pun mencari tahu tentang kebenaran pemakaian bra bisa mempercepat payudara kendur atau tidak.

Pemakaian bra sering kali terasa tak nyaman atau sesak sehingga melepaskannya akan membuat area payudara lebih lega. Namun, sejumlah bukti medis dan ilmiah membuat kita percaya bahwa wanita harus memakai bra.

"Tujuan utama bra adalah untuk menopang payudara saat melawan gaya gravitasi alami, yang bisa menarik payudara ke bawah dan berpotensi mengakibatkan kerusakan pada otot polos, jaringan elastis dan ligament suspensori yang menyusun jaringan payudara," ungkap Dr Lee, mengutip Express.

"Sebab, payudara mesti disangga dengan baik selama olahraga. Studi menunjukkan beberapa bra memberikan dukungan yang lebih baik dengan mengurangi ketidaknyamanan payudara ketika olahraga," tuturnya.

Dr Lee juga menegaskan bahwa ukuran bra merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan karena bisa memengaruhi kemampuannya menyangga payudara saat olahraga.

Perlu diketahui, banyak orang paham fungsi utama pemakaian bra sebagai penyangga payudara. Namun, kebanyakan wanita memakai ukuran yang salah.

Berdasarkan Penelitian di tahun 2008, sebanyak 80 persen wanita mengenakan bra dengan ukuran salah, 70 persen punya ukuran bra terlalu kecil dan 10 persennya terlalu besar.

Semakin besar ukuran payudara, makin besar pula kemungkinan mereka memakai ukuran bra yang salah. Anda mungkin juga pernah mendengar pemakaian bra dapat meningkatkan risiko kanker payudara, tapi tak ada bukti yang menunjukkan hal itu benar.

Penelitian tahun 2014, menyimpulkan bahwa tak ada aspek pemakaian bra, seperti ukuran cup, lamanya pemakaian bra per hari atau usia pemakaian bra berkaitan dengan peningkatan risiko kanker payudara.

Walau demikian, banyak orang lebih suka tidak memakai bra di malam hari karena lebih nyaman melakukannya dan cuma sedikit penelitian yang mengharuskan wanita pakai bra di malam hari.

Lalu, apakah tak pakai bra membuat payudara kendur?

Peneliti menetapkan bahwa pemakaian bra sangat bermanfaat dan tak membahayakan penggunanya. Dr Lee juga menyimpulkan bahwa tidak memakai bra juga tidak akan membuat payudara lebih kendur.

Beberapa ahli percaya bahwa memakai bra tidak terlalu diperlukan. Good Housekeeping (2016) melaporkan 12 alasan untuk tidak mengenakan bra, termasuk fakta pemakaian bra terasa tidak melegakan, membuat puting lebih terlihat dan menyebabkan ketidaknyamanan.

"Mereka mengutip penelitian selama 15 tahun di Prancis, di mana 33 relawan melepaskan bra selama periode penelitian, wanita yang tak pakai bra mengalami pengangkatan 7 mm," ungkap Dr Lee.

Kalau Anda lebih suka mengenakan bra untuk menjaga payudara, Dr Lee menyarankan agar mencari ukuran bra yang sesuai dengan payudara supaya lebih nyaman beraktivitas.






sumber dewiku.com/

Berkomentarlah yang bijak dan bagikan jika bermanfaat

Click to comment